Filipina Sudah Bangun Sirkuit MotoGP, Indonesia? Masih Wacana!

Ya, ya, ya.. Zonbie paham situasi hati Sobat Zonbie yang dijamin gundah gulana membaca artikel ini. Pasalnya dikutip dari Wheelsph.com, Filipina dikabarkan sudah memulai sirkuit balap bertaraf internasional, Pradera Verde Racing Circuit pekan ini.

Nggak tanggung, sirkuit ini dirancang oleh desainer sirkuit kenamaan, Hermann Tilke dan berspek FIA-rated, Grade 2. Dalam komplek sirkuit seluas 118 hektar ini akan dilengkapi dengan bermacam trek.

Diantaranya lintasan drag untuk mengakomodasi balap 1/4 mil (402 m), dengan trek sepanjang 1 km untuk mengakomodasi titik pengereman. Selain itu, ada paddock yang panjang untuk event sekelas MotoGP. Kapasitas penontonnya diklaim mencapai 80.000 orang.

Loading...


Ada pula drifting course, gudang, pit dengan paddock, medical center dan area komersial.

Pembangunan Sirkuit Sudah Dimulai

Untuk trek balap sendiri bakal memiliki panjang 5.014 meter dengan total 22 tikungan. Menariknya, ada beberapa variasi trek yang bisa digunakan. Misalnya, balap mobil bisa memakai full trek sepanjang 5 km tersebut. Lalu MotoGP dipangkas jadi 4.461 meter hingga balapan trackday untuk komunitas sepanjang 430 meter saja.

Rencananya proyek senilai 2 miliar Peso, atau setara Rp 535 miliar ini direncanakan akan selesai dalam waktu 18 bulan sejak peletakan batu pertamanya bulan ini.

Loading...


Entah harus sedih, atau gembira mendengar kabar tersebut. Karena Indonesia yang dikenal sebagai salah satu basis penggemar MotoGP terbesar di dunia harus terus bermimpi untuk menggelar perhelatan tersebut.

Bahkan, menjadi host MotoGP makin nyaris mustahil mengingat tak ada satu pun realisasi sirkuit internasional yang terwujud. Dan selama ini, cuma Sentul, yang bahkan tahun ini gagal jadi tuan rumah balap Asia Road Racing Championship. Sabar terus aja yaaa…

Loading...


Comments are closed.