Filter Udara Komponen Penting Yang Sering Dilupakan

Ferrox Filter Udara

ZONABIKERS.COM – Filter udara jadi salah satu komponen yang mungkin sering dilupakan. Meski sepele, tapi filter udara punya peran penting dalam rangkaian sepeda motor.

Filter udara berfungsi untuk menyaring udara dari berbagai partikel asing, seperti debu atau kotoran yang akan masuk ke mesin sehingga aliran udara ke ruang bakar menjadi bersih sehingga memaksimalkan proses pembakaran.

Karena itu, penting untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan filter udara secara rutin agar selalu bersih sehingga kotoran tak menumpuk dan menghambat aliran udara ke ruang bakar.

Baca Juga : Mengapa Pembalap MotoGP Sering Cedera Arm Pump? Ini Penyebab dan Mengatasinya

Loading...


“Untuk menjaga performa sepeda motor, konsumen sangat diwajibkan untuk melakukan perawatan rutin mulai dari pengecekan berkala sesuai waktu yang direkomendasikan sampai penggantian sparepart jika sudah perlu diganti,” ungkap Riyadi Prihantono, Koordinator Manager After Sales & Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

Filter udara terdiri dari 2 (dua) jenis, yaitu tipe kering yang dapat dibersihkan dengan menggunakan semprotan angin bertekanan dan tipe basah yang tidak bisa dibersihkan, namun memiliki daya saring lebih baik.

Kedua tipe filter udara ini tetap memerlukan pengecekan dan penggantian sampai batas pemakaian sewajarnya, sesuai dengan buku pedoman pemilik kendaraan.

Loading...


Baca Juga : Bromo Fun Rally 2022, Bikers Penunggang CB150X Libas Jalur Bromo

Melihat perannya yang penting untuk menjaga performa sepeda motor tetap prima, maka para konsumen wajib melakukan pengecekan filter udara secara rutin setiap kali konsumen melakukan servis berkala pada bengkel resmi.

Teknisi akan memberikan rekomendasi jika filter udara masih bisa dibersihkan dan layak digunakan atau sudah perlu diganti. Penggantan filter udara juga disesuaikan dengan jarak tempuh dan waktu pemakaian yang direkomendasikan mengacu pada buku petunjuk pemilik.

Loading...


Table Rekomendasi Waktu Penggantian Filter Udara Berdasarkan Jarak dan Waktu Tipe Motor

Tipe Motor Mesin Jarak Tempuh Waktu Penggunaan
Bebek / Moped 115 cc 10.000 km 10 bulan
135 cc 10.000 km 10 bulan
150 cc 10.000 km 10 bulan
Matik 125 cc 15.000 km 15 bulan
150 cc 12.000 km 12 bulan
250 cc 12.000 km 12 bulan
Sport 150 cc 10.000 km 10 bulan
250 cc 15.000 km 15 bulan

 

Filter udara yang sudah memasuki batas jarak tempuh atau waktu penggunaan harus segera di ganti, agar performa sepeda motor tetap terjaga serta mencegah penurunan akselerasi dan tenaga sepeda motor.

Jika filter udara sudah terlalu kotor, maka kotoran atau debu pada filter udara akan menumpuk dan menyumbat sehingga udara bersih tidak dapat masuk maksimal atau menjadi terhambat.

Loading...


Baca Juga : Ungkapan Terimakasih, Suzuki Turunkan Takuya Tsuda di Home Race MotoGP Motegi

Hal ini akan mengakibatkan motor menjadi tersendar, tarikan menjadi berat dan bahkan karena pembakaran tidak maksimal sehingga membuat bahan bakar menjadi lebih boros.

Maka itu sepeda motor yang sering digunakan pada wilayah dengan polusi tinggi atau berdebu waktu penggantian filter udara menjadi lebih cepat.

Loading...


Sebagai apresiasi Yamaha kepada para pelanggan setia Yamaha sekaligus menyambut hari pelanggan nasional tanggal 4 September 2022, Yamaha akan memberikan potongan harga Rp 10.000,-* bagi setiap konsumen yang melakukan pelayanan service dan pembelian Filter udara di bulan September 2022.

Bagi para pengendara sepeda motor Yamaha, dapat memanfaatkan aplikasi My Yamaha App untuk membantu pengendara mengetahui kondisi motor berdasarkan riwayat servis, mengingatkan jadwal servis dengan adanya servis reminder, buku panduan pemilik, informasi garansi, hingga pencarian dealer resmi Yamaha terdekat.

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here