Firmansyah Saputra : Vespa, Old But Never Expired

Vespa sudah dikenal oleh masyarakat luas, tidak ada yang tidak mengenal kendaraan roda dua ini. Menjadi kolektor Vespa antik dan klasik seperti yang dilakukan Firmansyah Saputra tentunya merupakan suatu kebanggaan, bahkan hobi mengumpulkan Vespa bisa jadi investasi yang bernilai tinggi bagi pemiliknya. Semakin tua, semakin antik dan klasik tentunya memiliki nilai harga yang tinggi.

Firmansyah Saputra, yang akrab disapa Firman ini merupakan salah satu perintis dari Pancasila Scooter (PAS), yaitu komunitas skuter yang masuk dalam Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Universitas Pancasila, Jakarta Selatan. Alumnus Fakultas Teknik, Universitas Pancasila angkatan 2002 ini, memiliki 12 unit Vespa dari beberapa varian. Vespa keluaran tahun 60-an mulai dari Small Frame hingga Big Frame Ia miliki dan seluruhnya dalam keadaan terawat dan berfungsi normal.

Firmansyah Saputra

Ketika Zonbie berkesempatan bertemu dengannya, Firman mengungkapkan awal mula ia menyukai Vespa. “Saya pertama kali mengendarai Vespa pada waktu SMA. Bentuknya yang unik dan tidak seperti kendaraan roda dua pada umumnya, yang membuat saya langsung jatuh cinta padanya. Selain itu, Ayah saya juga pengguna Vespa. Saat kecil seringkali diantar sekolah oleh Ayah saya dengan Vespa.” ceritanya.

Kegemaran mengendarai Vespa saat duduk di bangku sekolah SMA, terus berlanjut hingga Firman menuntut ilmu di Perguruan Tinggi. Baginya ada kesenangan tersendiri, apabila bisa memiliki Vespa klasik. Selain bentuknya yang unik, modelnya pun tidak akan habis termakan jaman. Selain itu, ditambah lagi dengan pergaulan dilingkungan penggemar Vespa yang juga sangat menyenangkan. Inilah yang jadi alasan Firman menyukai Vespa dan mengumpulkan beberapa Vespa di kediamannya.

Firmansyah Saputra

Ayah satu putri yang masih berusia batita ini mengakui, memiliki 12 unit Vespa dari beberapa jenis diantaranya Vespa tahun 60-an, Vespa Sprint, Vespa Super, Vespa smallframe (PTS dan Spesial) dan Vespa Excel serta Vespa Matic. Meski memiliki beberapa Vespa yang sudah berusia tidak muda lagi bagi sebuah kendaraan, Firman tidak menyebut dirinya sebagai kolektor.

“Sampai sekarang Vespa yang saya miliki baru berjumlah 12 unit dari berbagai tipe, baik smallframe maupun bigframe. Saya belum bisa dikatakan kolektor karena masih banyak kolektor yang ada di wilayah Jakarta dan koleksinya sangat banyak melebihi Vespa yang saya miliki. Alasan saya memiliki beberapa Vespa, murni hanya karena senang bukan semata-mata ingin dikatakan sebagai kolektor.” paparnya.

Seluruh Vespa yang dimilikinya berfungsi normal dan dalam keadaan standar, hanya saja ada beberapa Vespa yang harus direstorasi, seperti pengecatan ulang dan ada satu Vespa yang dimodifikasi dengan menggunakan sespan. Firman selalu merawat seluruh Vespanya dengan baik, Ia melakukan perawatan rutin dengan setiap 1 atau 2 bulan sekali melakukan service ringan pada Vespa-Vespanya, begitu juga ganti oli dan pengecekan secara berkala untuk memastikan kondisi Vespa tetap prima.

Firmansyah Saputra

Ketika Zonbie menanyakan kesulitannya dalam merawat seluruh Vespa miliknya, Firman mengakui tidak ada kesulitan berarti dalam perawatan 12 Vespa miliknya. “Sejauh ini, saya belum pernah mengalami kesulitan yang berarti dalam perawatan Vespa. Karena dengan kondisi sekarang, dimana sparepart Vespa masih tersedia cukup banyak. Begitu juga dengan adanya media informasi, yang sangat membantu dalam hal mencari kebutuhan dari Vespa itu sendiri.” ujarnya.

Firmansyah Saputra

Lalu, bagaimana dengan pihak keluarga dengan apa yang dilakukan Firman berkaitan dengan hobi mengumpulkan Vespanya? Pria yang juga kerap disapa Cadel ini menyampaikan “Seluruh keluarga besar, menyambut positif dan mendukung sepenuhnya hobi Vespa saya ini. Dibeberapa kesempatan saya juga sering mengajak keluarga untuk kumpul bareng dengan Vespa.” jelasnya.

Berkaitan dengan hobinya mengumpulkan Vespa, Firmansyah Saputra mengatakan “Vespa, Old but never expired. Vespa meski berusia tua tak akan habis dimakan masa” tutupnya.

Firmansyah Saputra

 

 

Comments
Shares