Fisica In Moto Museum Ducati, Tempat Asyik Pelajari Sains

Bagi sebagian orang, termasuk mungkin Sobat Zonbie, pelajaran fisika termasuk momok menakutkan karena hitungan matematika dan rumus yang rumit. Namun hal ini akan sirna begitu masuk ke bagian Fisica In Moto di Museum Ducati, Italia.

Yup, sejak tahun 2008 Fisika in Moto telah memberikan pengetahuan kepada para pengunjung soal bagaimana rumus-rumus fisika yang mereka pelajari di sekolah diaplikasikan pada sebuah motor.

Fisica in Moto berada di dalam Ducati Historic Headquarter di Borgo Panigale merupakan sebuah workshop pengembangan berkolaborasi dengan Malpighi High School, Bologna, yang memberikan fasilitas serta menjembatani pengetahuan-pengetahuan yang diajarkan disekolah agar bisa diaplikasikan dalam dunia nyata.

Fisica in Moto meliputi 3 ruang tematik yang terpisah dan digunakan untuk melakukan eksperimen masing-masing. 

Ruangan pertama memperkenalkan pada pengunjung tentang Ducati motor dan ilustrasi mesin berbasis rumus fisika. Kemudian ruang selanjutnya menjelaskan empat eksperimen yang mengamati mekanisme fisika yang digunakan secara dinamis pada sepeda motor.

Ruang terahir adalah ruang MotoGP of Phisics yang terdiri dari empat area interaktif yang melibatkan para partisipan guna menemukan bagaimana cara membuat sebuah motor menjadi kencang.

Museum buka dengan tiket sebesar 30 Euro perorang dan jika ingin lanjut ke pabrik kena tambahan biaya 45 Euro. Lab tersebut terbuka untuk umum, setiap harinya ada paket 2 jam tour dengan guide berbahasa inggris dan Italia.

 

 

Comments
Shares