Fitur Emergency Stop Signal Di Motor, Begini Cara Kerja dan Fungsinya

Emergency Stop Signal - Puasa - Test Ride All New CBR150R 2021

Fitur dan teknologi sepeda motor terus berkembang guna memberi pengalaman berkendara yang menyenangkan. Pengembangannya pun gak cuma menyasar pasa soal performa mesin aja, tapi juga pada sektor keselamatan berkendara.

Salah satu fitur di sektor keselamatan adalah Emergency Stop Signal (ESS). Yaitu fitur keselamatan pasif untuk memberi tahu pengendara di belakang bahwa pengendara di depannya sedang melakukan pengereman mendadak atau panic braking.

Emergency Stop Signal bekerja memberi sinyal darurat berupa kedipan semua lampu sein secara cepat ketika pengendara melakukan pengereman mendadak.

Hal ini bertujuan supaya pengendara di belakang punya waktu untuk melakukan pengereman atau menghindari tabrakan dengan kendaraan di depannya.

Meski bekerja seperti lampu hazzard, tapi keduanya memiliki perbedaan pada jeda waktu kedipan. Hazzard jeda waktunya sedikit lama atau kadang disertai bunyi, sedangkan ESS berkedip secara cepat.

Fitur ESS bisa ditemui pada motor Honda Gold Wing, Africa Twin, X-ADV 750, CBR150R, dan ADV 150. Fitur ESS ini hanya berlaku pada motor yang sudah mengaplikasi Anti lock Braking System (ABS), karena berkaitan dengan modulator pada sistem pengereman.

Berikut ini cara kerja sistem Emergency Stop Signal (ESS) :

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here