Wednesday, October 28, 2020

Fitur Riding Mode Honda PCX Hybrid Ternyata Berbeda Dari Milik CBR250RR

Sederet fitur canggih menjadi salah satu keunggulan Honda PCX Hybrid yang baru dikenalkan PT Astra Honda Motor (AHM) di Jakarta pekan lalu (19/4). Salah satunya adalah mode berkendara, alias riding mode.

Fitur ini dapat Sobat Zonbie kendalikan dengan tombol yang disematkan pada saklar stang sebelah kiri. PCX Hybrid dibekali dengan tiga mode pilihan yang memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan kebutuhan pengendara.

Menariknya, Endro Sutarno, Instruktur Technical Service Division menyatakan fitur ini berbeda dari riding mode pada Honda CBR250RR yang dibekali Drive by Wire.

Karena PCX Hybrid memang tidak dilengkapi dengan Drive by Wire Sobat Zonbie. Jadi menurut Endro, yang diatur oleh riding mode adalah bukaan throttle melalui PDU (ECU atau ECM pada PCX Hybrid) yang membaca putaran selongsong gas.

“Pada saat kita memilih di riding mode S, PDU akan mengatur bukaan throttle-nya. Di mode S, saat selongsong diputar mencapai 9 derajat, throttle mulai dapat aksesnya. Sedangkan di mode D, baru dimulai saat 20 derajat. Memang untuk top speed sama, tapi akselerasinya jauh berbeda,” urainya.

Sebagai catatan, untuk mode dengan huruf D merupakan drive mode dimana pengendara dapat merasakan performa bertenaga namun hemat bahan bakar (merupakan mode standar saat motor dinyalakan).

Selain itu, mode berkendara dengan huruf S merupakan sport mode untuk pengendara yang ingin merasakan akselerasi lebih responsif dibanding mode D.

Untuk mode idling, pengendara dapat menghentikan fungsi dari fitur Idling Stop System (performa tenaga sama seperti mode D).

Honda PCX Hybrid sendiri siap hadir dipasarkan dengan kisaran harga yang sangat kompetitif yakni OTR (On The Road) DKI Jakarta sekitar Rp 40 Jutaan.

Latest Update

Kolaborasi Kegiatan Sosial Komunitas di Jayapura Sambut Sumpah Pemuda

Sebuah kegiatan sosial dilakukan oleh para bikers dari berbagai motor di Jayapura. Kolaborasi kegiatan sosial ini digelar dalam rangka menyambut hari sumpah pemuda yang...

OYIKA Baterai Motor Listrik Siap Hadir di Indonesia

OYIKA merupakan sebuah perusahaan asal Singapura yang menerapkan konsep berbagi baterai untuk sepeda motor listrik di 2018. OYIKA hadir di Indonesia pada tahun 2020...

IMFI Online Expo 2020 Dibuka Hari Ini, Banyak Promonya Sob!

Memyambut hari jadinya yang ke-27 tahun, PT Indomobil Finance Indonesia (IMFI) mengadakan pameran virtual bertajuk “IMFI Online Expo 2020” yang akan berlangsung selama 1...

Suzuki All New Satria F150 Gaya Baru Makin Sporty

Suzuki Indonesia hadirkan tampilan baru, pada varian motor sport hyperunderbone All New Satria F150. Penampilan baru ini membuat Satria F150 makin berkesan sporty dan...

ARCI Lombok Chapter Rayakan HUT Pertama di Ponpes

Pondok Pesantren Mikrojussam yang berada di Kota Gerung, Lombok Barat, disambangi puluhan bikers dari ARCI Lombok Chapter. Para bikers ini, bermaksud merayakan hari jadinya...