Flying Dutchman, Karya Builder Fanatik Yamaha

Setiap tahun builder asal Belanda, Maarten Poodt membangun motor. Uniknya, syaratnya dalam membangun motor ada beberapa hal yang wajib dipenuhi, yaitu motor yang akan dibangun harus tua atau motor Yamaha yang langka.

Salah satu karyanya yaitu sebuah Yamaha XS850 yang diberi nama  “Flying Dutchman. Maarten memulai proyeknya dengan melakukan test ride pada motor Yamaha tersebut untuk mengetahui performanya terlebih dahulu.

Awal datang, kondisi motor tersebut mengalami kerusakan pada camshaft dan klahernya pecah, maka diganti dengan camshaft baru orisinil.

Head mesin diperbaiki dan piston diganti baru. Eletrik starter dihilangkan jadi hanya menggunakan kick starter saja, aki diganti baru ditambah dengan filter K&N baru, knalpot menggunakan Welsh Company RS.

Beberapa part  dibuatnya sendiri seperti jok motor, tangki bahan bakar dan mounting kaliper. Finishing-nya dengan powder coating. Soal suspensi motor, bagian depan memakai Yamaha YZF-R6 lawas, dengan paduan per HyperPro, rem dan clip-on diambil dari R6 juga.

 

 

Comments
Shares