Fungsi Dari Warna Marka Jalan

Fungsi Dari Warna Marka Jalan Yang Perlu Diketahui

Setelah kemarin kita membahas arti dari warna dasar rambu lalu lintas, sekarang kita akan membahas fungsi dari warna marka jalan.

Sama halnya dengan warna dasar rambu lalu lintas, banyak juga pengendara kendaraan yang belum paham benar arti dari warna marka jalan.

Baca juga : Wajib Tahu, Arti Dari Warna Dasar rambu Lalu Lintas

Biasanya, marka jalan membentuk garis membujur, melintang, serong serta lambang lainnya. Marka jalan tersebut, berfungsi untuk mengarahkan arus lalu lintas, dan membatasi daerah kepentingan lalu lintas. Marka jalan ini juga sudah diatur dalam Peraturan menteri Perhubungan Nomor 34 tahun 2014.

Fungsi dari warna marka jalan

1. Putih

Dibeberapa ruas jalan baik di perkotaan atau pedesaan, Sobat Zonbie bisa menjumpai marka jalan berwarna putih. Marka jalan berwarna putih untuk menyatakan bahwa pengguna jalan wajib mengikuti perintah atau larangan sesuai dengan bentuknya.

Misalnya, garis terputus yang melintang ditengah jalan, ini artinya Sobat Zonbie diperbolehkan untuk berubah lajur atau mendahului kendaraan lain dengan tetap mempertimbangkan kondisi dari arah berlawanan.

Garis putih tanpa putus biasanya berada di tengah jalan tikungan atau ketika di tengah jembatan. Garis putih tanpa putus seperti ini ditujukan kepada pengendara untuk tidak mendahului kendaraan lain. Pengendara diwajibkan untuk berada tetap di jalur masing-masing.

2. Kuning

Pada ruas jalan perkotaan, marka jalan berwarna kuning menyatakan bahwa pengguna jalan dilarang berhenti pada area tersebut. Sobat Zonbie bisa menjumpai marka tersebut biasanya pada area persimpangan jalan.

Sementara itu, untuk marka jalan berwarna kuning bisa Sobat Zonbie temukan di ruas jalan nasional. Hal ini merupakan implementasi dari Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 67/2018 tentang Perubahan atas Permenhub Nomor 34/2014 tentang Marka Jalan.

Baca juga : 4 Cara Jitu Untuk Lolos Dari Razia Kepolisian Lalu Lintas

Di dalam Permenhub itu diatur, jalan nasional menggunakan marka berwarna kuning. Untuk jalan provinsi dan jalan kabupaten, tetap menggunakan marka warna putih. Marka berwarna kuning di ruas jalan nasional ini juga punya fungsi lain. Bagi pengendara dari luar kota yang tersesat, coba saja cari marka jalan berwarna kuning. Marka jalan ini akan menuntun pengendara ke ruas jalan provinsi atau kabupaten.

3. Merah

Marka jalan berwarna merah untuk menyatakan keperluan atau tanda khusus. Marka warna merah bisa dijumpai di beberapa ruas jalan yang terdapat lokasi sekolah dan juga ruas jalan khusus bus atau disebut dengan busway.

Jalur sepeda kayuh dan sepeda motor di ruas jalan perkotaan juga ditandai dengan marka berwarna merah.

Semoga artikel ini dapat membantu wawasan Sobat Zonbie. Tetap berkendara dengan nyaman dan aman ya Sob.

Comments
Shares