Belum Banyak Yang Tau, Fungsi Penting Lain Oli Mesin Motor

Fungsi Oli Mesin Motor

Para bikers tentu sudah tau kalau oli mesin atau pelumas mesin punya peran penting pada sistem kerja mesin motor.

Selain berfungsi melumasi komponen untuk mengurangi gesekan, oli mesin juga punya fungsi penting lain agar komponen-komponen bagian dalam mesin bisa terlindungi dan lebih awet.

Baca Juga :

Honda ADV 150 Edisi Spesial, Cuma 1.000 Unit Segini Harganya

Beberapa fungsi penting tersebut diantaranya :

 

  1. Pendingin

Selain melindungi dari gesekan, oli mesin juga berfungsi sebagai pendingin agar mesin tetap pada suhu ideal. Kitika mesin berada pada suhu ideal, kinerjanya akan lebih sempurna.

  1. Membersihkan Komponen

Oli yang bagus mampu membuat komponen mesin tetap bersih terutama dari kotoran sisa pembakaran.

Selain itu, oli juga berfungsi mengendalikan atau membawa gram akibat gesekan antar komponen supaya tak menempel pada bagian-bagian penting mesin. Kotoran yang terbawa akan tersaring di saringan oli sehingga oli akan kembali bersih.

  1. Menghaluskan Suara Mesin

Oli juga punya fungsi untuk meredam suara yang ditimbulkan akibat gesekan komponen mesin sehingga suara mesin terdengar lebih halus.

Jika mesin motor terdengar kasar, kemungkinan diakibatkan dari oli yang sudah lama terpakai. Atau bisa jadi karena spesifikasi oli yang digunakan tak sesuai dengan spesifikasi yang dianjurkan.

  1. Menghindari Korosi

Oli juga memiliki aditif yang berfungsi melindungi komponen dari korosi atau karat. Komponen mesin yang terbuat dari logam sangat rentan terhadap proses oksidasi yang bisa menimbulkan korosi.

  1. Mengisi Celah

Proses perakitan ratusan komponen di dalam mesin akan membuat celah antara satu komponen dengan yang lainnya, khususnya bagian piston dan silinder.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here