Fungsi Stabilizer Setang

Fungsi Stabilizer Setang, Bukan Cuma Hiasan

Banyak pengguna sepeda motor tidak memahami betul fungsi dari stabilizer setang yang berada pada ujung kemudi. Seringkali, penyeimbang ini dianggap hanya sebagai hiasan saja.

Setiap motor yang baru dari pabrikan pasti setang akan dilengkapi dengan stabilizer pada bagian ujungnya. Tak banyak yang tahu bahwa stabilizer ini memiliki fungsi yang cukup penting. Stabilizer bukan semata-mata hanya untuk aksesoris atau penambah estetika pada motor.

Baca juga : Tidak Ada Tanggal Kadaluarsa Ban, Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Ganti Ban?

Fungsi utama dari benda yang sering disebut jalu setang adalah meredam getaran setang kemudi. Selain itu, dapat mengurangi dampak pada motor saat kecelakaan.

Baca juga : Jangan Biasakan Bensin Kosong di Motor Injeksi Sob!

Jika motor terjatuh, komponen tersebut akan menumpu pada aspal atau permukaan jalan. Sehingga, meminimalisir kerusakan pada komponen setang kemudi langsung atau bodi motor.

Selain meredam getaran, fungsi stabilizer setang adalah melindungi saat terjadi kecelakaan agar tidak semakin parah.

Baca juga : Soft Skill Riding Juga Penting Dimiliki Setiap Bikers

Stabilizer setang ini akan menjadi tumpuan ketika motor terjatuh. Sehingga, tuas gas menjadi tidak tertarik atau tertahan saat motor dalam posisi terjatuh.

Untuk itu Sob, jangan lepas atau mengganti stabilizer setang ini. Hal ini guna menghindari, berbagai kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi di jalan.

Comments
Shares