Ganti Ban Dengan Ukuran Lebih Besar, Boleh Aja. Tapi…

Ganti ban ke ukuran lebih besar jadi salah satu cara buat ningkatin level kegantengan motor. Selain itu, biasanya juga buat ningkatin PeDe saat melibas tikungan karena diyakini grip makin mantep.

Tapi jangan sembarangan main ganti ukuran ban motor mu, ada aturan yang harus diikuti supaya lebih safety dan nggak gurangi kenyamanan berkendara.

Untuk referensi terpercaya, ZonbieDC menanyakan hal ini lansung ke buoder kenamaan yang namanya udah malang melintang di dunia kastem Indonesia, Rudy Gunawan, builder dari rumah modifikasi Berkat Motor (BM). Rumah modifikasi di Jl. Ciledug Raya Tanggerang, Banten ini emang udah sangat ahli soal urusan kaki-kaki motor, dari sport bermesin kecil sampai moge.

Rudy berkata, buat mengganti ukuran ban dengan ukuran lebih besar jangan sembarangan dan jangan berlebihan biar tetep aman dan nyaman. Ambil contoh motor Yamaha R25 yang punya size ban belakang 140 dan depan 110.

“Kalo mau meganti ban belakang R25 dengan size lebih besar atau gambot, jangan lebih dari dua step ukuran. Misalkan R25 ukuran 140, ya ganti paling besar dengan ukuran 160. Itupun udah cukup nunjang penampilan dan gak perlu ganti swing arm dan sebagainya,” tutur Rudy.

“Sedangakan untuk ganti size ban lebih besar yang depan, misal dari ukuran 110 ganti ban paling maksimal satu step atau kalo buat motor lain ukuran yang beda-beda paling mentok jangan ganti ban depan lebih dari 120. Lebih dari itu handling udah gak nyaman,” tambah Rudy

Buat kamu yang nggak puas dengan ukuran segitu, nggak apa-apa. Sebenarnya untuk ban belakang bisa lebih dari 160, tetapi harus mengganti swing arm dan komponen kaki lainya biar tetap aman dan nyaman.

“Kalau diganti lebih dari size 160 harus ganti swingarm dan sebagainya yang bisa menyesuaikan ukuran ban. Sedangkan untuk depan mentok 120 aja, jangan lebih dari itu,” tutup Rudy.Prat

Comments
Shares