Ganti Knalpot Ducati Panigale V4 R, Ongkos Pasangnya Aja Rp 14,5 Juta!

Ducati telah merilis superbike terbaru, Panigale V4 R pada ajang EICMA 2018 di Milan, Italia beberapa waktu lalu. Motor yang dirilis untuk memenuhi regulasi homologasi World Superbike ini dibekali tenaga 217 dk.

Tapi jika ingin tenaga berlebih, Ducati juga menyediakan paket penambah performa yang terdiri dari ECU racing dan knalpot balap keluaran Akrapovic untuk motor seharga Rp 583 juta (di Amerika) ini.

Sekarang, coba kita tengok knalpot balap dari produsen asal Slovenia tersebut. Seperti dilansir Asphalt & Rubber, pipa gas buang dari mesin V4 tersebut dihargai USD 5.300, atau setara Rp 77,2 juta. Sudah cukup kaget?

Tunggu dulu, karena kerumitannya, knalpot full system berbahan titanium yang berlekuk ini membutuhkan estimasi waktu pemasangan hingga 9 jam kerja di dealer resmi Ducati.

Nah, di Amerika sana, tiap jam kerja punya konversi harga yang berbeda Sob. Dan jika waktu pasangnya saja mencapai 9 jam, ini artinya ongkos pasangnya doang mencapai angka di USD 1.000, atau Rp 14,5 juta dalam kurs Rupiah saat ini!

Jadi total, untuk penggantian knalpot saja, biaya yang harus dikeluarkan mencapai Rp 91,7 juta. Ini belum biaya pergantian ECU yang wajib dilakukan agar kenaikan performanya maksimal Sob.

Comments