Ganti Rem XMAX 250 Pakai Rem Brembo, Jangan Asal Ganti

REM BREMBO DEPAN ABS

Langkah modifikasi pertama yang dilakukan para pengguna XMAX 250 biasanya menyasar pada sektor pengereman lantaran rem bawaan XMAX dinilai kurang nyaman saat dioperasikan. Penunggang XMAX umumnya mengganti paket rem bawaan dengan rem dari Brembo.

Di luar soal nama besar Brembo alias branded yang bisa menunjang tampilan XMAX jadi lebih mewah, kualitas dan kinerja Brembo sudah teruji.

“Biasanya yang pertama diganti di bagian master rem. Karena dari yang gw rasa kayak bagel (keras). Bukan gw doang sih yang ngerasa, banyak pengguna XMAX juga ngerasain hal yang sama,” buka Annas Qoribi pemilik bengkel BRN Technical di Jl. Siaga II Pasar Minggu, Jakarta Selatan.

Loading...


Setelah diganti, lanjut lelaki yang akrab disapa Baron, perbedaan rasanya lumayan signifikan setelah diganti dengan produk after market.

“Masalah brand yang dipakai itu tergantung pemilik. Mau yang harganya bersahabat atau yang mahal seperti Brembo.”

“Yang punya budget lebih biasanya memilih Brambo. Tipenya lumayan banyak, ada Axial, Radial, Monoblok ada juga Billet.”

Loading...


“Yang paling banyak dipakai Axial. Karena dari kamvasnya terjangkau dan nyari barangnya lumayan gampang,” tutur Baron.

Ketika penggantian kaliper rem Brembo biasanya diikuti dengan penggantian master rem Brembo RCS Corsa Corta.

“Sebenarnya kalau kalipernya pakai Brembo, masternya bisa pakai brand apa aja. Cuma kebanyakan beli sekalian dengan master remnya, jadi 1 brand sekalian.”

Loading...


Ada hal yang harus diperhatikan saat membeli master rem, yaitu ukuran RCSnya. Karena kalau salah ukuran malah kurang enak dipakainya. Ada RCS 14 sampai 19.

Pakai ukuran terlalu kecil, tuas master rem akan butuh travel lebih jauh karena dorongan minyak remnya itu lebih rendah.

“Untuk yang pakai Axial, depan pakai RCS 15 atau 16 udah cukup. Kalau belakang kaliper 2 piston bisa pakai RCS 14 – 15.”

Loading...


Bicara harga, cukup bervariatif. Sekitar Rp 2,5 juta. Tergandung kondisi dan penjualnya. Harga tersebut di luar bracket rem yang harganya mulai Rp 600 ribuan.

“Oh iyaa, bahan atau meterial bracketnya harus yang bagus biar lebih kuat saat dipakai touring,” tegas Baron.

Loading...


LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here