Friday, October 2, 2020

Green Tea, Solusi Alami Untuk Hidup Sehat

Ingin hidup sehat, berbagai cara pun dilakukan, mulai olahraga rutin hingga diet ketat mengatur asupan makanan ke dalam tubuh. Bahkan, stempel “organik” atau “natural” yang tertera pada kemasan makanan dan minuman, bisa membuat sebagian orang rela merogoh kantong dalam-dalam demi alasan kesehatan.

Saat ini budaya “Green” sudah tidak sekadar menjadi istilah dunia kesehatan atau lingkungan hidup, namun telah menjadi bagian dari gaya hidup yang menunjukkan tingkat wawasan dan pengetahuan seseorang.

Bila kita cermati, ada banyak cara mudah dan murah untuk hidup sehat. Salah satunya, melalui kebiasaan minum teh yang mungkin tanpa disadari telah menjadi bagian dari aktivitas kita sehari-hari. Apalagi, bila jenis teh yang kita konsumsi adalah teh hijau yang terkenal memiliki kandungan terbaik di antara jenis teh lainnya.

Jenis teh pun semakin bervariasi, yang ditentukan dari jenis tanaman maupun cara pengolahannya. Namun, jenis teh yang kemudian menjadi sangat populer di kalangan masyarakat negeri matahari terbit adalah jenis teh hijau atau ocha. Bahkan, saat ini popularitasnya telah menyebar ke Tiongkok, Taiwan, Hongkong, hingga penjuru Asia Tenggara dan benua Eropa yang semula lebih familiar dengan teh hitam.

Namun, dalam mengonsumsi teh hijau (maupun jenis teh lainnya), Sobat Zonbie tetap harus memahami aturannya. Karena, selain berbagai zat berkhasiat tersebut di atas, teh juga mengandung kafein yang jumlah asupannya ke dalam tubuh harus dibatasi, yaitu maksimal 5 gelas (@ 200 ml) dalam sehari. Bila mengkonsumsi kafein secara berlebihan, mengakibatkan proses penyerapan zat makanan pada tubuh terhambat.

Berikut beberapa tips yang dapat Sobat Zonbie perhatikan saat minum teh adalah :

  • Hindari minum teh saat perut dalam keadaan kosong, sebab dapat meningkatkan produksi asam lambung. Ini penting diketahui oleh para penderita maag atau gangguan lambung lainnya.
  • Kurangi kebiasaan minum teh dengan gula, karena gula menyebabkan zat-zat yang terkandung pada teh menjadi berkurang.
  • Jangan minum teh yang sudah semalaman, karena banyak kandungan zatnya telah teroksidasi dan basi, sehingga berdampak tidak baik untuk tubuh.
  • Hindari minum teh saat hamil dan menyusui. Karena kafein dan zat stimulan pada teh bisa merangsang kontraksi rahim. Selain itu untuk ibu menyusui akan mengganggu produksi kelenjar ASI.

Saat ini, Sobat Zonbie dapat menemukan berbagai jenis teh hijau dengan mudah. Ada yang masih berbentuk daun teh kering, tea bag hingga teh hijau dalam kemasan yang siap diminum. Semua bisa dipilih sesuai selera dan kebutuhan.

Namun, tetap pilihan terbaik bagi kesehatan adalah teh yang diseduh langsung dengan air panas. Diamkan sejenak hingga dingin dan helaian daun teh mengendap, kemudian coba minum. Rasakan, rasa pahit di pangkal lidah yang kemudian menyebar di seluruh mulut dan disusul dengan sensasi kesejukan yang mengalir di relung tenggorokan. Hm…cara menjaga kesehatan yang sungguh nikmat menyegarkan.

Jadi, sekarang Sobat Zonbie tak perlu harus bersusah payah menjaga kesehatan tubuh. Mengonsumsi teh hijau secara tepat juga bisa menjadi solusi alami untuk membantu mengatasi berbagai problem kesehatan.

Latest Update

Ajak Pelajar Praktik Perbengkelan, Pertamina Lubricants Luncurkan Enduro Express di SMK Yosonegoro Magetan

PT Pertamina Lubricants melalui Sales Region V bersinergi dengan PT Nitro Pratama Indonesia (PT NPI), ajak pelajar praktik perbengkelan. Dalam hal ini, PT Pertamina Lubricants...

Francesco Bagnaia Resmi Perkuat Ducati Corse Tahun Depan

Tim balap MotoGP Ducati Corse, pastikan Francesco Bagnaia bakal memperkuat tim pabrikan tersebut bersama Jack Miller. Sebagaimana diketahui, sebelumnya baik Bagnaia dan Miller pernah memperkuat...

PRB Chapter Lampung Resmi Mendeklarasikan Diri

Pasemotonan Riders Bali (PRB), semakin melebarkan sayapnya. Akhir pekan lalu (27/9), PRB Chapter Lampung resmi berdiri. Pasemotonan Riders Bali mulanya, merupakan kumpulan bikers yang merupakan...

BMW G 310 Series Terbaru Siap Meluncur Awal Bulan Oktober

BMW G 310 series terbaru dipastikan akan meluncur pada awal bulan Oktober 2020 ini. Hal ini terungkap dalam, beberapa teaser yang tersebar di jagad...

GCN Chapter Garut Rayakan HUT Pertama Dengan Semangat ‘Kertas’

Merayakan hari jadi yang pertama, GCN Chapter Garut adakan tasyakuran sekaligus pencanangan diri sebagai bagian dari keluarga besar GSX Community Nusantara. Dengan mengusung tema 'Kertas'...