Grup Astra Masih Dominasi Pasar Otomotif Nasional

Sebagai group otomotif terbesar di Tanah Air, Group Astra masih terlalu kuat untuk melakukan penetrasi pasar dibandingkan pabrikan otomotif lainnya yang non-Astra.

Hal ini diperlihatkan dengan torehan yang telah dihasilkan oleh grup ini. Meski tahun ini pasar otomotif nasional sedang mengalami penurunan, namun Grup Astra masih tetap menjadi pemimpin pasar.

Contohnya seperti hasil yang telah dicapai oleh PT Astra Honda Motor (AHM) melalui produk sepeda motor Honda. Berdasarkan data yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Indonesia (Gaikindo), pada bulan Februari 2017 lalu, AHM meraih market share sebesar 76% dengan catatan penjualan motor Honda sebanyak 345.921 unit.

Angka penjualan ini jauh dibandingkan dengan penjualan merek lain (Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan TVS) yang hanya mencatat total penjualan 107.842 unit di bulan Februari 2017.

DCIM100GOPRO

Pencapaian sebagai market leader juga ditunjukkan oleh Grup Astra di roda empat, yakni Toyota, Daihatsu, Isuzu, Peugeot dan UD Truck. Dimana, pada bulan Februari 2017 lalu, total penjualan mobil Grup Astra sebanyak 55.551 unit. Sedangkan penjualan mobil non-Astra tercatat sebanyak 39.240 unit.

Pada bulan Februari 2017, produk LCGC Astra juga berhasil memimpin pasar dengan torehan market share sebesar 84%, yang berhasil menjual LCGC sebanyak 21.727 unit.

Comments
Shares