Group Riding

Grup Riding Sering Dipandang Negatif? Ikuti Cara Red Ninja Indonesia Berkonvoy Sob!

Komunitas atau klub motor saat sedang riding bareng kerap mendapat sorotan negatif dari masyarakat. Kebanyakan orang menganggap grup riding atau konvoy para bikers ini sering bertindak arogan layaknya sang penguasa jalan.

Seperti yang terjadi beberapa waktu lalu beredar video yang sedang viral tentang rombongan bikers yang sedang riding bareng dipalangi bambu oleh pesepeda yang sama-sama sedang menggunakan jalan tersebut. Meski belum diketahui bagaimana kejadian tersebut bisa terjadi, seharusnya hal tersebut bisa tidak terjadi jika saja ada saling menghargai dan menjaga kenyamanan serta keamanan antar sesama pengguna jalan.

Group Riding

Terkait berkendara konvoy, biasanya komunitas atau klub motor yang tertib selalu melakukan briefing dan memiliki petugas dalam setiap grup riding, minimal adanya Road Captain (RC) dan Sweeper. Seperti yang diutarakan oleh Bro Mulyan Tanamal dari Red Ninja Indonesia.

“Sangat penting sekali melakukan briefing sebelum melakukan perjalanan secara berkelompok atau konvoy.” ujar pria yang akrab disapa Bro Yan tersebut.

Selain itu Bro Yan mengungkapkan pentingnya petugas yang memimpin perjalanan atau yang biasa disebut Road Captain dan petugas yang memonitor kondisi anggota group riding. RC bertugas membawa rombongan dengan memperhatikan batasan kecepatan dan adanya kemungkinan halangan atau gangguan selama di perjalananan. Sementara sweeper bertugas memeriksa dan memperhatikan kondisi setiap bikers dalam rombongan tersebut.

“RC bisa menghitung ritme dalam memacu kendaraan bergantung dari kondisi jalan dan banyaknya anggota dalam rombongan konvoynya.” jelas Bro Yan.

Dengan tetap mentaati peraturan berlalu lintas dijalan dan saling menghargai sesama pengguna jalan, diharapkan pandangan negatif masyarakat terhadap para bikers yang sedang berkonvoy bisa memudar dengan sendirinya. Tunjukkan bahwa bikers Indonesia taat peraturan, santun dijalan dan menjunjung tinggi keselamatan.

Comments
Shares