Harga dan Spek Bocor, Suzuki DR150 Kok Dinyinyirin?

Kabar mengenai kehadiran motor dual purpose Suzuki DR150 makin dekat nih Sobat Zonbie. Bahkan bocoran harganya yang Rp 23,5 juta, serta spek mesin 150 cc nya sudah beredar.

Tapi alih-alih bakal dilirik, komentar para warganet di jagad sosial media justru negatif. Apa pasal?

Desain

Zonbie menyimak, DR150 paling banyak dinyinyirin dari sisi desainnya. Bentuk dual purpose dengan spakbor depan dan headlamp depan yang menyatu tentu bukan kombinasi pas untuk selera konsumen di sini.

Apalagi bentuk headlampnya agak kurang umum dengan lekuk yang malah mirip naked bike seperti Yamaha New V-Ixion Lightning atau Honda Verza generasi pertama.

Para netizen justru berekspektasi jika tampilan DR150 nggak akan jauh berbeda dengan dual purpose bertampang gahar seperti Suzuki DR200 yang beberapa waktu lalu sempat masuk Indonesia sebagai motor dinas.

Pun demikian dengan desain buritannya yang dianggap terlalu ‘mocin’ alias motor Cina yang dulu banyak beredar di Indonesia. Bahkan desain belakangnya disamakan dengan motor nasional bebek trail, Kanzen Taurus.

Asal-usul

Dalam pengembangan DR150, Suzuki bekerja sama dengan pabrikan asal Cina, Haojue. Di Negeri Tirai Bambu tersebut bahkan DR150 sudah lebih dulu dijual dengan nama Haojue NK15.

Hal ini juga jadi bahan nyinyir para netizen pada DR150. Maklum di Indonesia sempat banjir mocin di awal era 2000-an. Sayangnya, hal ini juga berdampak dengan imej mocin yang berkualitas rendah.

Ini membawa efek negatif pada tiap produk yang diimpor dari sana, karena konsumen Indonesia ‘trauma’ akan motor-motor buatan Cina.

Mesin

Baiklah, soal mesin DR150 mungkin nggak beda jauh dari pesaingnya seperti Honda CRF150L dan Kawasaki KLX 150. Di mana mesin SOHC 150 cc berpendingin udara jadi andalannya.

Namun, lagi-lagi imej mesin motor Cina yang berkualitas rendah bisa jadi bumerang di model ini. Apalagi nggak sedikit pengguna motor dual purpose yang membawa motor tersebut untuk trabas di arena offroad.

Diluar hal-hal yang bikin nyinyir tersebut, tentu ada poin positif yang ditawarkan oleh DR150.

Mulai dari fitur spidometer full digital, serta sisi fungsionalitas dengan desain besi behel yang bisa sebagai braket duffle bag atau tailbag.

Comments
Shares