Harley-Davidson Flat Head, Berawal Dari Rongsokan Tua

Meski kini bertampang meriah berkat laburan airbrush dan warna ungu glitter, tapi kisah motor berjuluk RCG 545 Chopper awalnya cukup memprihatinkan Sobat Zonbie.

Pasalnya, RCG 545 Chopper diwujudkan dari satu koleksi rongsokan motor tua milik Reza Gumay. Dirinya ingin sebuah karya yang dibangun bersama Yurides Indra, alias Ndra King dari rongsokan Harley-Davidson berbasis frame VL dan mesin UL serta gearbox Shovelhead Ratchet itu.

Loading...


Konsep yang dipilih adalah Traditional Chopper, dengan desain motor yang simpel tapi tetap asik digunakan. Untuk urusan frame diserahkan kepada Shofieskuul Chopper serta Kweni 5 Chopper Yogyakarta dalam membuat Springer.

Sesuai dengan gaya klasik dari mesin UL Flathead 1941 dan gearbox Shovelhead 1977 , pengoperasian tuas perseneling juga dibuat di tangan dan kopling di kaki seperti layaknya motor H-D UL 1941. Kombinasi itu dipadukan dengan ban Avon 21” di depan serta ban Avon 18” di belakang.

Bagian bodywork dengan tangki model Mustang serta fender aluminium berbalut custom painting bercorak Songket Palembang berwarna Purple. Hal ini untuk mencirikan khasanah kekayaan corak budaya Indonesia dari kampung Pagar Alam Sumatera Selatan, asal sang pemilik. Motor ini dibuat sebagai hadiah khusus untuk orang yang dicintainya.

Loading...