HD Sportster Bermesin W dari Indonesia, Dianggap Tak Masuk Akal di Eropa

Ide liar mengenai modifikasi Harley Davidson asal Indonesia sebagai Sportster pertama di dunia yang menggunakan konfigurasi mesin W-tiga silinder mendapat antusiasme luar biasa di ajang MBE 2018 Verona, Italia.

Antusiasme pengunjung bahkan hadir sejak pameran otomotif tersebut dibuka. “Saat kami loading dan menyiapkan booth, sudah banyak yang melihat motor tersebut dan menanyakan darimana asalnya,” papar Bimo Hendrawan, builder dari bengkel Bimo Custombikes yang turut hadir di Motor Bike Expo (MBE) 2018.

“Mesinnya jadi sorotan. Semua pengunjung nanyain mesin tersebut. Hampir ratusan orang tiap hari. Kebanyakan menanyakan cara kerjanya, atau mesin ini hidup apa tidak,” urai Bimo.

Loading...


Untungnya, Bimo menambahkan jika dirinya sudah menyiapkan materi yang diperlukan untuk menjawab pertanyaan pengunjung soal detail teknis dari Iconic Bike Suryanation Motorland 2017 tersebut.

“Saya bawakan video dyno test motor itu. Karena soal detail kerjanya, mesin Sportster yang pakai empat klep dibuat 3-silinder nggak masuk akal buat mereka. Dan teknologinya tidak kepikiran detailnya. Karena memang kesulitan saat memodifikasi motor ini adalah saat memasang head bagian depan saja agar semua knalpot menghadap ke satu arah dan detail lainnya,” pungkasnya.

Loading...