Headlight New Honda Scoopy ‘Haram’ Pakai Bohlam H4

Bagi Sobat Zonbie pengguna New Honda Scoopy, jika bohlam lampu depan skuter retro modern tersebut putus atau mati, hendaknya tidak mengganti dengan bohlam sejenis Halogen sembarangan. Terlebih menggantinya dengan H4 milik kendaraan roda empat atau mobil.

New Honda Scoopy yang diproduksi tahun 2013 hingga All New Scoopy yang diluncurkan pada akhir Maret 2017 lalu, telah dilengkapi dengan lampu depan LED Projector baru yang terintegrasi dengan lampu sein dengan desain oval yang telah menjadi simbol Scoopy selama ini.

Untuk mendukung hasil cahaya lampu yang maksimal, pada headlight Scoopy digunakan bohlam sejenis Halogen khusus sepeda motor yakni HS1. Jadi, jika bohlam HS1 tersebut putus, disarankan untuk menggantinya dengan bohlam HS1 yang sama.

Menurut Mukti Abdul Rahman, Technical Training Instructor PT Wahana Makmur Sejati, jika bohlam HS1 Scoopy putus ganti dengan bohlam yang sesuai spesifikasi sepeda motor atau bohlam standar bawaan Scoopy. “Jangan mengganti HS1 dengan bohlam H4 yang biasa dipakai pada mobil. Temperatur bohlam H4 lebih tinggi dibanding HS1. Hal ini akan mengakibatkan rumah lampu atau reflektor meleleh,” wanti Mukti.