Sunday, April 18, 2021

Hindari Makanan Bergaram Tinggi Saat Touring

Saat sedang melakukan perjalanan touring, sebaiknya Sobat Zonbie hindari makanan bergaram tinggi. Apa saja makanan tersebut? Yuk, simak ulasannya.

Membatasi konsumsi makanan tinggi garam merupakan salah satu langkah penting untuk menjaga tekanan darah tetap stabil dan memelihara kesehatan jantung. Jika konsumsinya tidak dibatasi, makanan tinggi garam dapat meningkatkan risiko tekanan darah tinggi dan komplikasinya.

Garam adalah mineral kristal yang terbuat dari natrium (sodium) dan klorida. Meski umumnya digunakan sebagai bumbu masakan, garam juga dapat digunakan sebagai pengawet makanan serta penambah rasa, tekstur, dan warna makanan.

Kandungan natrium dan klorida bermanfaat untuk mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit di dalam tubuh, mendukung kinerja dan fungsi saraf, serta mengendalikan kontraksi otot tubuh.

Namun, manfaat garam untuk kesehatan tubuh tersebut baru bisa diperoleh asalkan Anda mengonsumsi garam dalam takaran yang sesuai, yaitu tidak lebih dari 1 sendok teh garam atau setara 1.500 miligram (mg) natrium tiap harinya.

Jika dikonsumsi terlalu banyak, garam bisa menyebabkan tekanan darah meningkat dan memicu hipertensi. Penyakit ini bisa menimbulkan berbagai komplikasi, seperti stroke, penyakit jantung, dan kerusakan ginjal.

Nah, saat bepergian jauh atau touring, sebaiknya Sobat Zonbie hindari makanan bergaram tinggi. Apa saja makanan tersebut? Berikut, zonabikers.com berikan contohnya yang dikutip dari linimasa Alodokter.

1 COMMENT

Comments are closed.

Latest Update