Wednesday, January 20, 2021

Hipertensi dan Hipotensi Berbahaya! Yuk Kenali Keduanya

Sobat Zonbie pernah mendengar istilah Hipertensi dan Hipotensi? Yups Sob, kedua istilah tersebut memang berkenaan dengan tekanan darah manusia.

Hipertensi dan Hipotensi merupakan dua kondisi yang ditandai dengan nilai tekanan darah yang tidak normal. Kedua gangguan pada tekanan darah ini, dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan, mulai dari yang ringan hingga berat.

Perlu Sobat Zonbie ketahui, tekanan darah merupakan salah satu dari empat tanda vital di tubuh yang bisa digunakan sebagai tolak ukur kondisi kesehatan seseorang. Nilai tekanan darah, bisa diketahui melalui pemeriksaan tekanan darah. Nilai tekanan darah normal pada orang dewasa berkisar antara, 90/60 mmHg hingga 120/80 mmHg.

Baca juga : Hindari Makanan Bergaram Tinggi Saat Touring

Sekarang kita ulas satu persatu, Hipotensi atau darah rendah adalah kondisi ketika tekanan darah berada di bawah 90/60 mmHg. Sebaliknya, hipertensi adalah kondisi meningkatnya tekanan darah hingga melebihi angka 140/80 mmHg atau lebih.

Meski saling berseberangan, hipotensi dan hipertensi adalah dua kondisi yang sama-sama dapat mengganggu kesehatan.

Hipertensi

Dikutip dari situs Alodokter, Hipertensi merupakan salah satu penyakit kardiovaskular yang paling umum dan paling banyak diderita oleh masyarakat di seluruh dunia.

1 COMMENT

Comments are closed.

Latest Update