Sampah bisa berubah menjadi emas

Hj. Eka Meidya Ratna SE : Bila Dikelola, Sampah Bisa Berubah Jadi Emas

Sesuatu yang buruk bila dikelola dengan baik akan menghasilkan hasil yang baik, salah satunya adalah sampah. Bila dikelola dengan baik, sampah bisa berubah menjadi emas. Wah kok bisa?

Ya Sob! Menarik kan? Sampah bisa berubah menjadi emas! Ini bukan sekedar jargon semata, jika dikelola dengan baik sampah bisa bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Sampah bisa berubah menjadi emas

Setiap hari, tanpa disadari setiap rumah tangga menghasilkan sampah yang banyak. Jika tidak dikelola, sampah akan jadi masalah. Namun berkat adanya Komunitas Silaturahmi Bank Sampah (Sibas) yang digagas oleh Hj. Eka Meidya Ratna SE. sampah bisa jadi sesuatu yang bermanfaat bagi warga masyarakat.

Dalam kesempatan mini talkshow Sunmori with Kartini Millenial yang digelar oleh para bikers kota Tangerang Selatan dalam wadah Forum Bikers Tangerang Selatan (FORBITAS), Hj. Eka mengungkapkan sudah sejak tahun 2010 ia mulai berkutat dengan sampah.

“Sampah bisa menjadi sahabat bila ditangani dengan baik dan bisa menjadi musibah kalau tidak bisa dikelola dengan maksimal. Warga diharap tidak cuek dan tidak buang sampah sembarangan” singkatnya.

Sampah bisa berubah menjadi emas

Lebih lanjut, Hj Eka memberikan inspirasi bagi peserta kegiatan FORBITAS baik dari kalangan Lady Bikers maupun Ibu Rumah Tangga yang menjadi peserta kegiatan dengan mengajak mereka mengelola sampah menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan.

Ditambahkan oleh tokoh wanita tersebut, sampai saat ini ada 200 bank sampah yang ada di Kota Tangsel namun, hanya 147 yang aktif.

“Keberadaan bank sampah penting lantaran bisa kurangi sekitar 25 persen sampah,” ujarnya.

Hj. Eka menambahkan, Sibas Kota Tangsel peduli soal sampah dan ambil bagian dalam pembentukan bank sampah, membuat kompos cair daur ulang sampah, urban farming dan ecobrick. Ia berharap supaya warga mau mendaur ulang sampah yang berguna maupun memiliki nilai ekonomi.

“Kalau sampah dipilah dan ditangani serius bisa menambah pemasukan keluarga, bahkan bisa saat ini Bank Sampah sudah bisa menghasilkan tabungan emas” tuturnya.

Sampah bisa berubah menjadi emas

Atas inspirasi yang diberikan dalam momentum peringatan hari lahirnya pejuang emansipasi wanita R.A Kartini yang diperingati pada 21 April 2019 kemarin, Hj Eka mendapatkan penghargaan dari para Lady Bikers Kota Tangerang Selatan.

“Apa yang disampaikan oleh Hj. Eka sangat bermanfaat bagi kami lady bikers Tangsel maupun seluruh peserta kegiatan Sunmori with Kartini Millenial hari ini. Beliau telah memberikan inspirasi bagi kami untuk terus berkreasi, dari suatu hal yang buruk sekalipun bisa jadi bermanfaat bagi kehidupan.” Ungkap Echa, ketua pelaksana kegiatan Sunmori with Kartini Millenial, FORBITAS.

Comments
Shares