Honda CB100 Psychoengine Indonesia, Punya Mesin w 3-Silinder!

Seperti biasa, M. Yusuf Adib Mustofa dari bengkel Psychoengine Indonesia yang bermarkas dekat Bumi Perkemahan Kendalisada, Purwokerto memang punya kejutan soal mesin motor yang selalu bikin mata mendelik, alias melotot Sob.

Kali ini, M Yusuf Adib Mustofa datang dengan inovasi terbarunya berjuluk Kanjeng Nyai, berupa Honda CB100 hasil racikan spesial dari sisi mesin yang menjadi keahliannya.

Ditambah konstruksi suspensi depan hingga penjabaran soal namanya. “Kanjeng Nyai” berartikan pendamping dari seseorang yang memiliki kedudukan tinggi, serta laburan warna hijau sebagai lambang harmonisasi dan kedamaian. Hal ini masih ditambah dengan motif batik sebagai ciri dari budaya Jawa sebagai pendamping seorang raja yaitu “Kanjeng Nyai”.

Melihat sosok Kanjeng Nyai, seperti sebuah cerita dari perjalanan Yusuf dalam mengetengahkan karya-karya spektakuler khususnya ketika mengkustom sebuah konfigurasi mesin. Basic dari motor ini adalah Honda CB 100 1976 1 silinder kemudian dicustom secara handmade menjadi 3 silinder konfigurasi W-Engine.

Setiap silindernya berkapasitas 156cc dengan total kapasitas mesin sekarang melonjak menjadi 468cc. Engine dari motor ini adalah pengembangan dari generasi W-Engine terdahulu pada seri pertama 2011, seri kedua 2015, dan seri terbaru di tahun 2018. Pengerjaan custom engine selama 1 tahun.

Soal rancangan frame, Yusuf menggunakan pipa Seamless Steel dengan proses pembentukan selama 1 bulan untuk mendapatkan akurasi dan karakter chopper. Selain dari mesin, ada pemandangan lain yang unik pada motor ini yakni desain suspensi depan bergaya Single Fork.

Tentu saja, semuanya sudah diperhitungkan matang oleh Yusuf untuk membuat terobosan barunya. Menurut Yusuf, ide soal fork model mono untuk mengingatkan kembali masa mudanya yang doyan memacu Vespa.

Comments
Shares