CB650F

Honda CB650F, A Beauty Of A Beast

Pada pembukaan ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 yang dihelat pada 29 April – 7 Mei 2017 lalu di JIExpo Kemayoran, PT Astra Honda Motor (AHM) meluncurkan Honda CB650F.

Dengan penyematan mesin 650 cc DOHC 4 silinder baru, salah satu motor premium Honda ini diklaim lebih bertenaga. Berkat mesin baru ini, tenaga puncak CB650F mencapai 68,4 kW pada putaran 11.000 rpm dengan torsi puncak 63,2 Nm pada 8.000 rpm.

Peningkatan performa dimulai dari 5.000 rpm karena sistem baru pengaturan udara masuk dan keluar dari pembakaran, sehingga memberikan hasil final output yang lebih besar.

Dengan rasio yang semakin pendek antara gigi 2 hingga gigi 5, Honda CB650F lebih kencang dibandingkan model sebelumnya sejak kecepatan pada gigi 2 mencapai 60 km/jam. Torsi maksimal meningkat menjadi 63,2 Nm sejak putaran 8.000 rpm ketika tractability mesin memungkinkan untuk menarik secara perlahan pada gigi enaam dengan kecepatan 1.500 rpm.

Penggunaan dinding piston asimetris meminimalkan kontak dengan diameter sekaligus mengurangi gesekan, Ferrous spines di sisi luar permukaan silinder berstektur mengurangi pemakaian oli dan gesekan sekaligus meningkatkan perpindahan panas.

Selain mengeksplorasi mesin, kehadiran Honda CB650F juga didukung dengan tampilan baru lainnya seperti penyematan LED headlight dan penggunaan suspensi depan Showa Dual Bending Valve (SDBV) terbaru yang membuatnnya spesial, namun juga tampil semakin tangguh.

Penggunaan suspensi SDBV 41 mm pada rangka depan meningkatkan kenyamanan berkendara dan handling, juga memberikan proposional redaman rebound dengan kompresi yang lebih kuat dengan penggunaan stroke 120 mm. Naked bike ini juga didukung peredam kejut yang dapat disetel 7 tingkatan dengan single-tube monoshock menggerakkan lengan ayun secara langsung.

Penyematan lensa bening dengan penggunaan lampu senja dan belakang LED dan desain garis dan sudut yang tajam pada lampu depan semakin memberikan daya tarik pada Honda CB650F ini.

Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya mengatakan bahwa AHM ingin mewujudkan secara mennyeluruh baik dari sisi performa, fitur maupun desain yang sesuai dengan harapan pecinta motor naaked big bike di Indonesia.

“Kami ingin menyuguhkan pembaruan produk yang terus memberikan kebanggaan bagi pengendaranya. Kami optimis perubahan signifikan pada model terbaru ini semakin diterima pecinta big bike,” ujar Thomas.

Honda CB650F hadir dengan dua pilihan warna baru Millenium Red dan Matte Gunpowder Black. Model baru ini dipasarkan dengan harga on the road (OTR) DKI Jakarta Rp 235 juta,-.

Comments