Honda CM125, Proyek Back To The Future

Kalau Sobat Zonbie pernah nonton film fiksi tahun 1985 berjudul Back To The Future yang menceritakan soal mesin waktu yang bisa membawa ke masa depan, atau masa silam, maka motor Honda CM125 ini pun demikian.

Pasalnya, meski sudah lebih dari 30 tahun, namun kondisi CM125 ini coba dipertahankan mengikuti standarnya Sob. Hasilnya, persis motor baru dari showroom yang diboyong dari masa silam.

Proyek restorasi yang digarap JDM Project di Jatiwaringin, Jakarta Timur. “Kami coba pertahankan bentuk aslinya karena unik. Punya mesin 125 cc tapi dua silinder,” papar Joddy owner JDM Project yang menggarap motor cruiser ini.

Loading...


Meski cuma ‘balikin ke asal’, tapi proses ini terbilang rumit lho Sob. Ini karena selain sudah berumur, CM125 juga nggak beredar di Indonesia. Alhasil, butuh waktu lebih lama untuk hunting komponen-komponennya.

Komponen yang dibutuhkan terbilang banyak. Semisal spidometer, lampu, cover lampu dan sedikit parts engine, kaliper hingga saklar. Nah, saklarnya juga unik, karena meski jadul, tapi sudah ada fitur engine cut off model putar.

Loading...


“Prosesnya memakan waktu tiga bulan, dengan barang-barang sudah ada. Kebanyakan cari parts di eBay, karena nggak ada subtitusinya di Indonesia,” ucapnya.

Apalagi saat masuk, motor sudah dimodifikasi, sehingga untuk restorasi untuk dikembalikan ke kondisi asalnya butuh banyak referensi. Maklum, CM125 ini lebih ditujukan pada pasar Eropa dan Amerika Utara, jadi bakal asing di Tanah Air.

Loading...


Setelah komplit, tinggal dicat ulang. Nah, pemilihan warna bodi yang sebelumnya dicustom coba dibailikin ke orinya. Untuk itu, warna merah dengan lis hitam emas dan emblem-emblem grafis bawaan standar CM125 hadir di motor ini dengan teknik airbrush.