Honda Kirana 125 Mini Trail, 99% Hasil Cara Keji Perbengkelan

Honda Kirana 125 Mini Trail

Hampir 99% mini trail ini adalah buah dari cara “keji” kerja perbengkelan. Bengkel custom Little Monkey Garage (LMG) milik Kiki Djisamsoe di kawasan Rawalumbu, Bekasi, benar-benar membuang hampir seluruh bagian motor bebek Honda Kirana. Hanya mesinnya saja yang tersisa.

Dari jantung pacu Honda Kirana, Kiki Djisamsoe mengubah motor bebek itu menjadi motor motor batangan dengan konsep Vintage Mini Trail.

Mulai dari rangka, tangki, jok sampai velg, semua berubah total. Tak pelak, motor bebek Honda Kirana pun tidak terlihat lagi wujud aslinya.

Loading...


Baca Juga : 

Ketika Hasrat Bercumbu Monika Tak Terbendung, Maka Ini Yang Terjadi

Motor Mini Bekasi Gelar Kopdar Bareng, Jadi Ajang Perkuat Silaturahmi

Loading...


Mesin 125 cc

 

Lantaran bobot sang pemilik yang lebih dari 80 kg, mesin berkapasitas 125 cc bawaan Honda Kirana pun jadi jantung pacu Vintage Mini Trail tersebut.

Dengan mesin bawaan Honda Kirana, performa mini bike masih mumpuni untuk diandalkan. Selain kapasitas dan performanya yang cukup besar, perawatan dan suku cadang mesinnya pun mudah ditemukan.

Loading...


Dominasi Produk Lokal

Bagian rangka motor ini dibuat secara handmade oleh Little Monkey Garage. Sementara komponen lainnya mengambil dari produk lokal yang juga memiliki daya saing dengan barang impor.

Untuk bagian tangki di datangkan dari pengrajin asal Surabaya begitu juga dengan joknya yang dibuat oleh pengrajin lokal, Java Jock. Ya namanya juga motor custom semuanya harus dipesan sesuai selera pelanggan agar lebih puas dan nyaman saat digunakan.

Loading...


Honda Kirana 125 Mini Trail

Kaki-kaki Comot Sana-Sini

Untuk bagian kaki-kaki, sang pemilik memercayakan pada komponen original agar kuat dan aman. Mulai dari shock depan mencomot milik Yamaha Scorpio agar terlihat gagah, sementara arm milik Suzuki Thunder yang diperkecil dimensinya agar matching dengan tampilan motornya.

Loading...


“Sepertinya, ini bisa di bilang motor gado-gado.. Karena bahan-bahannya dari berbagai merk motor,” tegas Aris sang pemilik yang baru jatuh cinta dengan hobby motor mini.

Aris mengakui, merombak Honda Kirana menjadi mini trail lantaran tampilan mini bike yang unik dan selalu jadi pusat perhatian. Karena itu, ia memilih merombak Kirana menjadi Vintage Mini Trail Replika Honda SL 70.

Honda Kirana 125 Mini Trail

Loading...


Bermodal Gambar dari Internet

Saat proses pengerjaan guna mewujudkan bentukan motor Replika Honda SL70 cuma mengandalkan gambar dari internet sebagai refrensi. Tanpa ada perhitungan yang pasti setiap bagian-bagian dari motor tersebut.

“Cuma mengandalkan insting saja yang penting mirip” ujar sang pemilik yang juga member Monika Mini Bike sambil tertawa.

Loading...


Menurutnya, bagian tersulit ada pada rangka bagian bawah karena menjadi masalah jika mesin mengalami trouble. Sang pemilik dan builder harus memikirkan bagaimana mengeluarkan atau menurunkan mesin dari motor tersebut. Karena sisi kanan, kiri, depan dan belakang mesin terhalang oleh rangka.

Setelah berpikir keras, akhirnya sang builder memutuskan untuk menggunakan baut pada bagian rangka bawah sebelah kanan sehingga rangka tersebut dapat dibuka-tutup mengunakan baut.

 

Honda Kirana 125 Mini Trail

Loading...


Bisa Untuk Bonceng “Ibu Negara”

Penggemar motor mini di Indonesia terus bertambah. Mulai dari pencinta orian, custom sampai konsep-konsep lain yang unik atau keluar dari pakem model motor mini yang ada.

Berangkat dari kecintaan sang pemilik pada mini bike dan konsep trail tua, maka datanglah ide untuk memadukan keduanya ke dalam Mini Trail ini. Alhasil, dengan konsep ide yang masih jarang dan terlihat simple namun elegant, dipilihlah model Honda SL 70 sebagai rujukan modifnya.

Loading...


Desainnya menarik, gagah dan unik namun tetap berfungsi secara maksimal seperti motor normal pada umumnya. Konsep tersebut sengaja dipilih oleh pemilik lantaran dimensinya tidak terlalu kecil, sehingga mini trail tersebut masih bisa dipakai boncengan dengan anak atau “Ibu Negara”.

Honda Kirana 125 Mini Trail

Namanya Black Silvi

Loading...


Meski berpostur mini dengan tampilan gagah, penamaan motor ini pun mengkombinasikan kesan gagah dan feminim. Kesan gagak diwakilkan oleh kata Black dan feminim oleh kata Silvi, seperti nama seorang perempuan.

Selain itu, nama Black Silvi pada Replika Honda SL 70 ini juga diambil dari dua warna yang melaburi tubuhnya, yakni hitam dan silver.

Penggunaan warna utamanya hitam karena mengikuti warna di STNK sehingga motor tetap sesuai dengan ketentuan, sementara silver adalah warna rangka serta bagian lainnya.

Loading...


Meski bertubuh mini, motor yang terlihat unik ini mampu menopang keinginan sang pemilik untuk digunakan di segala medan.

Spesifikasi Kirana Mini Trail SL 70

Modifikator : Kiki Djisamsoe
Bengkel : Little Monkey Garage / LMG (0877-6487-2606)
Jok : Java Jock (081314487665)
Shock depan : Yamaha Scorpio
Shock belakang : Honda
Arm : Suzuki Thunder
Mesin : Honda kirana
Tangki : Custom
Rangka : Custom
Ban : Swallow R 12
Pengereman : Yamaha Scorpio
Lampu depan : Led by Abdul Goni
Lampu belakang, sein dan part lainnya : Lokal

Loading...


6 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here