Monday, January 18, 2021

Honda Nova Dash, Mesin Nostalgia Buat Pebalap Veteran

Salah satu motor bebek ‘eksotis’ yang kerap jadi andalan di ajang Indoclub Championship 2019 pada Minggu (17/2) adalah Honda Nova Dash 125.

Meski secara persaingan belum mampu mengalahkan Yamaha Y125Z, namun penampilan motor bergenre ayam jago ini di beberapa kelas yang melombakan underbone 125 cc 2-tak tentu jadi sorotan tersendiri.

Nggak terkecuali motor asal Thailand geberan Irvan OC di kelas Ex Rider dari tim Trijaya Racing ini. Kelas Ex Rider sendiri mengadu para mantan pebalap yang dulu pernah berjaya dengan geberan motor underbone 2-tak.

Dan di race pertama kelas Ex Rider sanggup finish ke-7 dan lumayan memberi perlawanan pada pengguna Yamaha Y125Z dan Suzuki Satria 120R.

Hasil tersebut terbilang istimewa lho Sob. Mengingat motor ini ternyata cukup bermasalah di saat lomba.

“Koplingnya jebol dan knalpot lepas. Serta gir rasio hancur,” keluh Glenn, Chief Mekanik Trijaya Racing yang menangani motor tersebut.

Selain itu, secara modifikasi Nova Dash yang bawaannya sudah kencang nggak perlu banyak ubahan berat. Contohnya, knalpot aslinya dari Tsukigi masih bertahan. Lalu piston, kopling dan bloknya masih standar. Hanya dilakukan porting.

Latest Update