Honda X-ADV Ternyata Bukan Skuter Matik Lho Sobat Zonbie

Dilihat dari desainnya, Sobat Zonbie mungkin menyangka jika Honda X-ADV merupakan motor crossover antara skutik dan adventure, dengan mesin matik gambot layaknya Yamaha T-Max atau Suzuki Burgman 650.

Soal desain ala skutik gambot sih nggak salah Sob. Tapi kalau mesinnya skutik, jelas salah. Karena X-ADV nggak pakai transmisi CVT seperti di skutik pada umumnya.

Yup, X-ADV memakai teknologi DCT atau Dual Clutch Transmission yang memiliki dua buah kopling dengan enam percepatan. Bukan hanya satu gear, layaknya motor CVT.

Lewat DCT, dua jenis transmisi yang bisa Sobat Zonbie pilih saat mengendarai X-ADV. Yakni AT dan MT. Untuk mode AT, ya motor bakal berjalan layaknya motor matik, tanpa butuh pindah-pindah gigi Sob.

Sedangkan di model MT, Sobat Zonbie bisa merasakan sensasi berkendara layaknya motor dengan gear manual.

Perpindahan Gigi Cukup Pakai Tombol

“Tetapi memang untuk perpindahan giginya tak membutuhkan tuas kopling. Cukup dengan menekan tombol pada saklar kiri saja,” buka Endro Sutarno dari Technical Division PT Astra Honda Motor.

Lebih jauh, Endro mengatakan jika teknologi ini memungkinkan perpindahan gigi menjadi sangat halus. Karena ada dua kopling yang memegang tiap gigi.

Di mana kopling pertama akan menghandle gigi ganjil, seperti 1,3 dan 5. Sementara kopling kedua akan berperan menangani gigi genap, yakni 2,4 dan 6.

Perpindahan gigi yang halus bisa didapat karena kedua kopling bekerja bergantian tanpa memiliki jeda. Jadi meski pindah gigi tanpa tuas kopling, jangan bayangkan kerjanya seperti sistem sentrifugal di motor bebek ya.

Toh begitu, Endro mengatakan jika saat mode MT, sensasi engine brake dan mesin menggerung juga bisa terasa lho. Terutama jika posisi gigi dipindahkan secara mendadak, atau justru telat mengoper gigi.

“Tapi tak terlalu signifikan efeknya. Sangat minim sekali rasanya,” ucap Endro.

Comments
Shares