Husqvarna Nuda 900, Motor Langka Yang Istimewa

Kalau lihat Husqvarna Nuda 900 ini, mungkin banyak yang bakal bertanya, merek dan jenisnya. Atau paling parah, ya menyangka motor ini sebuah custom dari motocross Husqvarna. Maklum di Indonesia, bahkan di dunia motor ini nggak terlalu umum.

“Di Indonesia setahu saya cuma ada 5 unit,” buka Joddy dari JDM Project, pemilik Nuda 900 keluaran 2012 ini.

Bukan cuma kelangkaannya yang bikin Nuda 900 istimewa. Lebih dari itu, Nuda 900 merupakan ‘oleh-oleh’ kerjasama antara pabrikan asal Swedia tersebut dengan BMW Motorrad dengan mengambil basis BMW F800 GS.

Loading...


Nggak perlu heran Sobat Zonbie. Sejak 2007 hingga 2013, saham Husqvarna memang dikuasai BMW Motorrad setelah akhirnya diakuisisi oleh pabrikan Austria, KTM.

Tapi alih-alih bergenre adventure, Nuda 900 yang berarti Telanjang ini malah berdesain motard. Selain itu, mesin 2-silinder segaris F800 GS yang standarnya 798 cc bertenaga 85 dk, volumenya diperbesar jadi 898 cc dengan tenaga 105 dk!

Loading...


Balik lagi ke Nuda 900 ini, JDM Project nggak membiarkan motornya tampil standar. “Konsepnya ready to use. Motor ini sudah disiapkan ke arah performance. Tapi kami tambahkan beberapa aksesoris khusus Nuda. Jadi tetap nyaman dipakai harian,” papar Joddy yang mengaku menyematkan beberapa parts langka di Nuda 900 ini.

Contohnya pelek jari-jari berikut tromolnya dari Kineo yang sontak membuat gaya motard di Nuda 900 langsung terdongkrak. Lapisannya, ada ban Pirelli Scorpion Trail II berukuran 120/70-17 di depan dan belakang 190/70-17.

Loading...


Selain itu, knalpot kidal (di kiri) Leo Vince khusus Husqvarna juga tertanam. “Yang lumayan menguras kantong, justru saat memasang rantai merek 3D khusus Nuda yang dibanderol Rp 4 juta,” kekeh pria berkacamata ini.

Untuk finishing dan sebagai pembeda dari Nuda 900 lain, cukup pasang windshield Puig dan decal Limited Edition by JDM Project. “Nggak perlu ubahan apa pun di rem dan suspensi. Karena Ohlins dan Brembo sudah jadi standarnya,” tutup Joddy.

Loading...