Iconic Bike Suryanation Motorland Yang Indonesia Banget

Masih ingat dengan motor custom Harley-Davidson (HD) dengan W engine yang mampu “mencolok” mata para bule di International Motor Bike Expo di Verona, Italia? Yups.. Motor itu adalah Sportster lansiran 1996 yang digarap keroyokan oleh builder asal Purwokerto M. Yusuf Adib dari rumah modifikasi Psyco Engine, Lulut Wahyudi dari Retro Classic Cycle dan builder asal Jepang Kauchiroh Kurosu dari Cherrys Company di event Suryanation Motorland 2017.

Tapi di sini Zonbie tak lagi membahas konsep modifikasi dan bagaimana penggarapannya. Tentunya Sobat Zonbie sudah dapat banyak informasi dari portal komunitas sepedamotor yang makin hari makin keceh ini, tapi kali ini Zonbie mau menginformasikan soal proses dan konsep pewarnaan bodinya.

Iconic Bike Suryanation Motorland

Danny Hacka Paint

Untuk urusan cat, iconic bike Suryanation Motorland 2017 ini dipercayakan kepada Hacka Paint yang bermarkas di Solo. “Yaa.. W engine ini adalah hasil kolaborasi. Mas Yusuf dari Psyco Engine yang menggarap mesinnya, kemudian ada Mas Lulut Wahyudi yang menggarap framenya dan bodi dibuat oleh Kauchiroh Kurosu dari Cherrys Company,” tutur Danny.

“Setelah itu bodi dikirim lagi ke Indonesia untuk saya painting,” lanjut Danny.

Sejak awal motor ini direncanakan akan ditampilkan di luar negeri agar dunia tau kalau Indonesia punya karya modifikasi yang luarbiasa. Builder Indonesia pun berani dan bisa melakukannya.

Dalam pengecatannya, Danny berusaha mengaplikasikan konsep yang didapat dari hasil diskusi bersama Lulut Wahyudi dan Yusuf agar karakter Indonesia terlihat kuat di motor itu. “Konsepnya yang memang benar-benar ngangkat Indonesia, iniloh yang Indonesia banget.”

Untuk mewujudkan konsep itu menjadi sebuah karya seni di dunia custom bike, Danny memberi sentuhan ornamen-ornamen batik khas Indonesia dan diperkuat dengan tulisan di kanan dan kiri body beraksara Jawa yang dibaca Suryanation Motorland.

Melalui iconic bike Suryanation Motorland 2017 itu, para builder yang berkolaborasi ingin menunjukkan karya Indonesia yang berkarakter dan kuat. Mereka juga ingin agar orang-orang di belahan dunia tau kearifan lokal dan kekuatan orang Indonesia kalau membangun motor custom. Ornamen-ornamen dan tulisan khas Indonesia itu pun mampu mencuatkan kesan cantik dan istimewa.

Dalam proses pengecetan yang membutuhkan waktu selama 10 hari, Danny memadukan teknik airbrush dan pin stripe. “Yang susah itu saat pengaplikasian gold leaf. Itukan butuh treatment khusus dalam memasangnya,” tegas Danny.

Comments
Shares