Ilmuwan UCLA Sepakat Touring Bisa Redakan Stress Sob

Sobat Zonbie tentu nggak asing soal istilah kurang piknik, atau kurang touring yang kerap ditujukan buat orang yang stress atau malah julid. Hehehe. Tapi ternyata ungkapan ini benar adanya Sob.

Touring bermotor diyakini bisa meredakan stress dan meningkatkan kewaspadaan. Bukan kata Zonbie nih, tapi ini hasil study ilmuwan dari Semel Institute for Neuroscience and Human Behavior, University of California, Los Angeles (UCLA) lho.

Dilansir Journal Sentinel, penelitian dilakukan para ilmuwan pada para bikers Harley-Davidson yang kerap mengatakan jika touring atau berkendara bisa melepaskan stress mereka.

Loading...


Dalam penelitian ini, tiga ilmuwan UCLA yang mempelajari 50 bikers dan mencatat aktivitas otak dan level hormon, sebelum, selama dan sesudah berkendara dengan memakai alat elektroensefalogram (EEG) yang dipakai layaknya shower cap.

Hasilnya, touring ternyata memiliki manfaat secara mental dan fisik pada bikers. Termasuk bisa mengurangi level kortisol, hormon pembuat stress.

Di mana memakai motor bisa mengurangi tekanan kortisol hingga 28 persen. Lalu menunggang motor selama 20 menit meningkatkan kadar denyut jantung sehingga 11 persen dan adrenalin sehingga 27 persen. Kondisi ini persis yang diperoleh tubuh apabila melakukan senam ringan.

Loading...


“Sementara para ilmuwan telah lama mempelajari hubungan respon otak dan hormon terhadap perhatian dan stres, melakukannya dalam kondisi kehidupan nyata seperti ini jarang terjadi,” kata Mark Cohen, seorang profesor UCLA yang merupakan bagian dari tim penelitian studi tersebut. Nah, Sobat Zonbie jangan pada kurang touring ya.