Incar Suzuki RGR 150 Seken? Perhatikan Hal Berikut

Motor 2-Tak Menolak Punah

Di Indonesia, motor sport fairing tengah jadi idola saat ini. Bukan hanya produk-produk baru yang jadi incaran. Sport fairing lawas juga kembali naik daun dengan adanya tren ini. Apalagi, motor fairing lawas biasanya bermesin 2-tak yang bertenaga.

Salah satunya Suzuki RGR 150 yang juga jadi idola. Namun, karena tahun pembuatan terakhir yang nyaris mencapai 2 dekade lalu, maka kondisi motor bekas yang Sobat Zonbie incar haruslah prima, agar tak menambah masalah dan biaya saat merawatnya nanti.

Hal apa saja yang patut diperhatikan saat meminang motkas RGR 150?

Loading...


“Paling utama saat mengincar RGR 150 justru dari bodinya. Pastikan bodi masih utuh dan bebas cacat. Karena komponen perintilan bodi RGR sangat sulit mencarinya. Lebih sulit dari cari komponen mesin,” buka Sodikin dari D’Kins Speed, bengkel spesialis sport 2-tak dari kawasan Kalimalang, Jaktim.

Meurutnya untuk mendapatkan RGR dengan bodi komplet memang sedikit lebih mahal. “Tapi mending beli utuh, tapi mahal daripada murah tapi nggak lengkap bodinya,” kata Ikin, sapaannya.

Loading...


Selanjutnya, baru cek bagian mesin. “Kalau mesin masih bisa diakalin. Karena beberapa parts bisa subtitusi,”ucapnya.

Yang jelas, perhatikan rumah mesinnya kalau sudah bunyi lebih baik jangan dibeli. Selain itu, pastikan kondisi mesin belum di overbos.

Loading...


“Kalau sudah overbos kan berarti liner tidak standar, biasanya saat prosesnya kondisi liner bisa tidak rata. Ini sangat berpengaruh pada performa motor, tenaganya bisa turun jauh,” papar Ikin.

Tak lupa, perhatikan kondisi sistem kelistrikannya. Pastikan kondisinya sehat. Karena jika spul, CDI dan koil sudah sehat, maka motor tak perlu mendapat perawatan banyak, bisa langsung dipakai.

Terakhir, siapkan dana yang pas untuk meminang motor kesayangan Sobat Zonbie itu. “Harganya di kisaran Rp 6 jutaan untuk 1993 ke atas. Tapi kalau dibawah itu, seperti tahun 1991 malah bisa di atas Rp 10 juta karena CBU langsung dari Jepang,” pungkasnya.

Loading...


Comments are closed.