Indonesian Coffeeride, Jelajah Daerah Penghasil Kopi Indonesia

Indonesian Coffeeride

Setelah sukses dengan perjalanan berlabel Indonesia Culinaride pada 2016 silam, kini Elsid Arendra Filemon kembali memanfaatkan sepeda motor untuk menjelajah kekayaan kuliner Indonesia. Bedanya, perjalanan yang dimulai hari ini, Sabtu 11 Januari 2020, Andra lebih fokus pada kopi nusantara dengan mengusung nama perjalannya Indonesian Coffeeride bersama Angkasa Pura.

Indonesia yang terkenal sebagai salah satu negara penghasil kopi terbaik di dunia, menarik antusiasnya untuk lebih jauh mengeksplorasi kopi, mulai dari penanaman hingga proses penyajian. Selain itu, Andra bersama rekannya Deni Kristiyanto akan mengunjungi beberapa daerah penghasil kopi. Mulai dari Tanah Jawa hingga ke bagian timur Indonesia yakni Bajawa, Nusa Tenggara Timur.

Perjalanan Indonesian Coffeeride akan menggunakan 2 unit motor BMW G310 GS.

Loading...


“Kali ini tidak ada persiapan khusus karena sepeda motor masih baru, semoga lancar. Kita juga tidak terburu-buru untuk perjalanan kali ini, jika sudah lelah atau hujan deras sekali, kita juga akan menepi,” ungkap Andra di Pejaten Huis Jakarta, Jumat (10/1/2020).

Andra juga berharap, melalui perjalanan ini ia bisa belajar dan ke depannya bisa membuat gerakan yang lebih baik demi kesejahteraan petani kopi dan industri kopi Indonesia.

Indonesian Coffeeride akan memulai kunjungan pertamanya ke kawasan Jawa Barat. Di sana mereka akan berkunjung ke kopi Java Preanger, kopi Manglayang, dan kopi Malabar. Selanjutnya mereka akan bergerak ke Bondowoso dan Banyuwangi.

Loading...


Lepas dari Jawa Timur, Indonesian Coffeeride akan bergerak menuju Bali yang terkenal dengan kopi Kintamani, kopi Luwak dan kopi yang kental dengan aroma buah. Lepas dari Pulau Dewata, perjalanan akan berlanjut ke Lombok untuk melihat lebih dekat kopi Sajan di Sembalun dan kopi Rau di Lombok Timur.

Perjalanan Coffeeride akan berakhir di Bajawa dimana kawasan tersebut sudah terkenal hingga ke manca negara sebagai salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia.

Handy Heryudhitiawan selaku Vice President Corporate Secretary Angkasa Pura I memaparkan dukungannya pada perjalanan Indonesian Coffeeride. Menurutnya, Angkasa Pura I sebagai perusahaan di bidang kebandarudaraan juga memiliki komitmen terhadap pengembangan destinasi pariwisata dan perekonomian masyarakat di wilayah bandara kelolaan perusahaan berada.

Loading...


“Di sektor industri kopi, Angkasa Pura I juga memiliki beberapa mitra binaan pengusaha kopi lokal di beberapa wilayah. Kami percaya perkembangan industri kopi daerah juga akan menambah atraksi dan berdampak positif terhadap perkembangan destinasi daerah,” ujar Handy Heryudhitiawan.

Di akhir perjalanan, Angkasa Pura akan membantu proses pengiriman dua unit BMW G310 GS ke Jakarta menggunakan jasa Angkasa Pura Logistic dari bandara Komodo, Labuan Bajo.

Loading...