Info Mudik 2017 : Arus Mudik Via Puncak Menurun, Kepadatan Akan Terjadi Pada Lebaran

Info Mudik 2017 – Dari pantaun tim #InfoMudik2017 yang melakukan laporan dari jalur mudik utara dan selatan dengan mengendarai sepedamotor Suzuki GSX-S 150, jalur mudik via Puncak, Bogor, Jawa Barat, sampai saat ini (23/6/2017)  masih terbilang ramai lancar.

Pemberlakuan buka-tutup jalan (one way) hanya dilakukan pada saat kepadatan terjadi di jam-jam tertentu saja. Sejauh ini pemberlakuan one way belum dilakukan oleh Satlantas Polres Bogor.

Petugas pemantau CCTV TMC Polres Bogor, Bripka Faisal menyatakan arus lalu lintas sejak H-9 hingga H-4 ini belum ada peningkatan, malah cenderung ada penurunan dibandingkan tahun lalu. Penurunan ini diindikasikan akibat adanya beberapa informasi jalur alternatif yang bisa dilalui oleh pengendara dan adanya program mudik bareng yang dilakukan oleh beberapa instansi perusahaan baik swasta maupun pemerintahan.

Ruas jalan Puncak Bogor bukan merupakan jalur utama arus mudik, dimana biasanya pemudik memilih melalui jalur Utara untuk perjalanan mudik. Kemungkinan kepadatan di wilayah Puncak akan terjadi pada saat Hari Raya Lebaran dan H+1 hingga H+9. Dimana ruas jalur puncak akan dipadati oleh warga yang akan menuju lokasi wisata di kawasan Puncak, Bogor.

Saat kepadatan terjadi, pemberlakuan one way akan dilakukan pada jam 7.30 – 10.00 untuk jalur yang menuju Puncak dan 14.00 – 17.00 untuk jalur turun menuju Bogor dan Jakarta. Pemberlakuan one way ini bersifat situasional dimana jika kepadatan terjadi baik di Puncak atau pintu keluar tol Ciawi.

Masih menurut Bripka Faisal, “Kebanyakan pengendara memilih jalur-jalur alternatif untuk masuk wilayah Puncak seperti melalui jalan alternatif Sentul keluar di Gadog dan jalan alternatif Tajur keluar di Cisarua,” ujarnya.

Comments
Shares