Thursday, January 21, 2021

Ingat! Motor Injeksi Minim Perawatan, Bukan Nggak Perlu Dirawat

Hadirnya sistem pengabut injeksi dalam menggantikan fungsi karburator memiliki sederet keunggulan Sobat Zonbie. Mulai dari konsumsi BBM yang lebih irit, hingga perawatan yang lebih minim.

Tapi bukan berarti motor injeksi itu bebas perawatan, alias nggak perlu dirawat lho Sob. Karena untuk mempertahankan performanya, motor injeksi juga butuh pengecekan.

Untuk waktu pengecekannya, lebih baik dilakukan tiap 8.000 km. Komponen yang wajib dicek adalah selang injektor hingga bagian throttle body. Kalau tidak dirawat, komponen injektor berisiko mampet karena tersumbat kotoran.

Saat komponen tersebut diabaikan perawatannya akan membuat motor brebet atau bahkan bisa juga tiba-tiba terjadi gejala ngempos akibat suplai bahan bakar yang tidak maksimal lho Sobat Zonbie.

Kemudian, jangan lupa juga memeriksa busi dan filter udara. Pengecekan busi jelas mutlak, karena meski punya usia pakai cukup panjang dibanding oli, tapi jika komponen pemantik ini mulai kurang performanya, di jamin motor makin boros dan nggak bertenaga.

Sedangkan filter udara, sebaiknya dicek dan dibersihkan tiap 2.000 km. Komponen filter udara bersih juga membuat kebersihan udara untuk asupan ruang bakar terjamin. Sehingga selain tenaga optimal, konsumsi BBM pun lebih efisien.

Latest Update