Friday, April 16, 2021

Ingin Konsumsi BBM Lebih Irit? Lakukan Gaya Berkendara Seperti Ini

Teknologi mesin bakar terus bertransformasi. Selain untuk menghasilkan performa yang lebih baik, juga sebagai upaya menakan emisi gas buang dan konsumsi bbm.

Salah satunya adalah teknologi pengkabutan bahan bakar injeksi yang menggeser sistem pengkabutan bahan bakar dengan karburator. Di Indonesia, teknologi ini pertama kali hadir pada tahun 2005. Faktanya, teknologi injeksi diklaim mampu menekan konsumsi bahan bakar hingga lebih dari 17%.

Dengan kata lain, selain bisa menekan konsumsi bahan bakar, teknologi sistem injeksi pun mampu menekan emisi gas buang yang keluar dari moncong knalpot.

Pun demikian, teknologi tersebut tentu akan kurang terasa manfaatnya jika tak dibarengi dengan gaya berkendara yang baik dan tak agresif. Untuk itu, ada beberapa cara yang bisa diterapkan agar konsumsi bbm dan emisi gas buang bisa ditekan :

Jangan Buka Gas Secara Spontan

Hindari buka gas secara spontan. Cukup dipuntir perlahan dengan kecepatan simultan agar semburan bahan bakar yang keluar dari injector tak mengalir deras.

Sesuaikan Putaran Mesin

Sesuaikan putaran mesin dengan kondisi jalan. Gunakan putaran mesin rendah saat kondisi jalan sedikit padat dan naikkan perlahan saat jalanan mulai lancar.

Latest Update