Ini 3 Vespa Balap Langka Yang Masih Banyak Dicari Orang

Siapa sangka jika di masa awal peluncuran Vespa, terdapat juga Lebah Besi Balap. Vespa jenis ini didesain dengan mesin dan bodi khusus, sebagai skuter yang bisa diturunkan pada ajang balap. Dan kini banyak orang yang mencari skuter langka ini untuk dikoleksi.

Vespa, sepeda motor jenis skuter yang mendapat julukan si Lebah Besi dari Italia ini, diproduksi oleh Piaggio. Pada mulanya Vespa didesain sebagai alat trasportasi yang dibutuhkan oleh masyarakat Italia dengan harga terjangkau. Kehadiran Vespa sendiri memang sangat fenomenal, dan hingga kini pun Vespa masih menjadi idola bagi para penggemarnya. Berikut 3 Vespa balap langka dan masih banyak dicari kolektor.

Vespa 98 cc Race – 1947

Lebah Besi Balap

Ketika banyak jenis Vespa memenuhi jalan-jalan di Italia, membuat pihak Piaggio mendapatkan ide membuat kendaraan yang lebih agresif dan cepat. Ide ini tidak disia-siakan oleh sang desainer Vespa, maka dibangunlah Vespa dengan nama Vespa 98 Race. Hasilnya adalah Vespa 98 cc Race yang mendapat gelar terbaik di Monte Mario hill climb pada tahun 1947 yang saat itu dikemudikan oleh Joseph Cautriumphs.

Vespa 125 Circuito – 1949

Lebah Besi Balap

Pada akhir tahun 40-an, banyak perusahaan sepeda motor yang beranggapan, cara terbaik mempromosikan kendaraan mereka adalah dengan cara mengikuti lomba yang sering diadakan di sejumlah kota di dunia. Pihak Piaggio pun membuat jenis skuter sirkuit yaitu Vespa 125 Circuito. Tujuannya yaitu untuk mendekatkan masyarakat terhadap sektor otomotif yang pada akhirnya akan menambah pelanggan baru yang potensial.

Vespa Monthlery – 1950

Lebah Besi Balap

Nama jenis Vespa ini, mengadopsi nama dari sebuah sirkuit di Perancis yaitu Sirkuit Monthlery. Vespa ini mendapatkan desian khusus untuk meningkatkan citra sporty Vespa. Pihak Piaggio pada saat itu membentuk tim ahli yang fokus terhadap catatan rekor, yang bertujuan mengabadikan keunggulan dalam penelitian yang sudah pernah dicapai sebelumnya. Akhirnya, pada 7 April 1950 di sirkuit Monthlery, Perancis, pengujian dilakukan dengan 3 orang pebalap yang mengemudikan secara bergantian, selama 10 jam. Jenis Vespa ini mampu memecahkan 17 rekor dunia saat itu.

 

Comments
Shares