Ini 5 Bagian Yang Wajib Dicek Pada Motor Trail 

Maraknya pecinta motor petualang yang melampiaskan hobinya dengan menerabas ke beberapa lokasi ekstrem. Nah, untuk memenuhi hasrat para penerabas itu, pabrikan sepeda motor pun memproduksi motor trail seperti yang yang dilakukan PT Astra Honda Motor yang meluncurkan Honda CRF150L yang dapat digunakan di jalan raya (on road) dan adventure (off road).

Trek off road adalah karakteristik jalan yang sangat digemari oleh para penggiat motor trail. Bahkan tak hanya adventure saja, trek on road atau jalan raya pun masih banyak dicari oleh para pecinta motor petualang tersebut. Karakteristik berkendara di jalan raya (on road) jauh berbeda dengan cara berkendara di jalan berlumpur ataupun berpasir.

Agar motor trail tetap prima saat digunakan dalam misi on road maupun off road, berikut ini 5 bagian motor trail yang wajib diperhatikan dan dirawat sebagaimana mestinya.

Loading...


OLI :
Bagi para pecinta motor petualang, berkendara dengan sering membuka dan menutup handle gas merupakan hal yang lumrah, karena disesuaikan dengan kondisi jalan yang dilaluinya. Dengan karakter seperti itu, kerja mesin lebih maksimal dan mesin cepat panas sehingga oli mesin lebih mudah menguap. Untuk itu, disarankan menggunakan oli mesin dengan tingkat keenceran yang cukup tinggi serta harus lebih sering melakukan pengecekan kapasitas oli mesin.

THROTTLE GAS & TUAS HANDLE KOPLING :
Permainan gas yang kerap dilakukan dalam dunia off road, perlu setingan throttle gas atau tuas gas yang maksimal. Untuk mendapatkan tarikan motor yang responsif, para rider dapat mempertahankan jarak bebas tuas gas dengan jarak 2-6 mm. Hal serupa pun wajib dilakukan pada handle kopling, permasalahan yang biasa terjadi adalah kopling slip pada dunia off road maupun on road. Hal ini dapat dicegah dengan cara menjaga jarak main bebas kopling sebesar 10-20 mm dan hindari penggunaan setengah kopling bersamaan putaran handle gas yang tinggi.

RANTAI RODA :
Saat menerabas dengan motor trail, pasti sering mengalami gesekan pada rantai roda motor, yang dapat menyebabkan hausnya rantai roda maupun swing arm. Rantai roda yang kendor dapat mengenai secara langsung swing arm motor. Lakukanlah pengecekan pada drive chain slider pada bagian depan dan belakang dari swing arm motor, serta lakukan pengencangan pada rantai roda sebelum bermain off road. Disarankan untuk tidak mencuci rantai roda dengan minyak sembarangan, cukup lumasi dengan chain lube.

Loading...


RIM LOCK :
Rim Lock atau stopper ban atau yang sering disebut dengan enduro merupakan sebuah perangkat mekanis yang berfungsi untuk mengunci velg antara ban dalam dan ban luar, khususnya saat ban dalam keadaan pengurangan tekanan angin. Hal ini dapat berpotensi mengakibatkan slipnya ban dalam dan robeknya pentil ban kendaraan.

STEERING NUT :
Motor trail ini memang sangat cocok untuk manufer loncat-loncatan. Untuk itu, harus sering mengecek pada steering stem dengan cara mencoba kelancaran dari steering kemudi, saat belok ke kanan maupun ke kiri. Jika steering stem kendaraan mengalami seret atau terlalu kendor saat manuver berbelok, segera lakukan setting atau pergantian bearing pada sterring stem di bengkel resmi.

Loading...