Ini Akibatnya Jika Makan Terburu-buru

Adakalanya rutinitas kegiatan atau pekerjaan memaksa kita untuk bergerak lebih cepat, bahkan untuk makan dan minumpun harus dilakukan dengan terburu-buru. Makan dan minum tergesa-gesa akan menyebabkan rasa sesak di bagian dada akibat tersedak, terkadang tersedak tidak bisa hilang begitu saja atau hanya dengan minum air saja. Bahkan rasa sesak akibat tersedak bisa dirasakan hingga seharian, perlu diwaspadai tersedak juga berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian.

Menurut dr. Muhammad Fadhil, dari situs alodokter.com, rasa mengganjal di dada, terutama setelah makan, memang ada kemungkinan disebabkan tersedak makanan itu sendiri. Kondisi ini tidak boleh dianggap remeh sebab bisa saja tersedak tersebut menyumbat total jalan nafas hingga gagal nafas dan meninggal. Oleh karenanya jika Sobat Zonbie tersedak makanan dan mengalami kesulitan bernafas segera ke IGD terdekat untuk mendapatkan penanganan.

Selain tersedak makanan, rasa mengganjal di dada setelah makan mungkin dikarenakan gangguan asam lambung, contohnya maag atau penyakit asam lambung naik (GERD). Keluhan yang dirasakan berupa nyeri ulu hati, dada rasa terbakar, hingga mual dan muntah. Kondisi cukup sering terjadi pada orang-orang yang pola makannya tidak teratur, sering terburu-buru makan, sering langsung tidur setelah makan, dan yang memiliki stres tinggi.

Untuk memastikannya, periksakanlah secara langsung ke dokter. Penanganan terbaik nantinya akan disesuaikan dengan penyebab yang ditemukan. (Reza Agis)

Tips agar tidak tersedak ketika makan:
– Pola makan teratur
– Makan perlahan-lahan, tidak terbur-buru
– Kunyah makanan sedikit agak lama sebelum menelannya
– Perbanyak minum air putih
– Tidak berbicara atau beraktifitas lain saat makan

(Foto ilustrasi)

Comments
Shares