Monday, January 18, 2021

Ini Alasan Yang Bisa Bikin MotoGP Indonesia Gagal Digelar 2021

Gegap gempita kehadiran gelaran MotoGP di Indonesia pada tahun 2021 mengingatkan Zonbie akan euforia kejadian serupa di 2015 silam.

Saat itu, MotoGP dikabarkan akan hadir di Indonesia pada 2017 setelah Sentul mengumumkan untuk menjadi host kembali setelah terakhir di tahun 1997.

Bahkan di tahun 2015 itu, Sentul sempat mengumumkan akan rancangan terbaru dari layout terbaru. Serta Letter of Intent antara pihak Dorna selaku promotor MotoGP dan Menpora RI.

Hasilnya? Event tersebut nggak pernah mampir juga ke Indonesia. Bahkan pihak kementerian selalu menyebut lokasi baru seperti Palembang dan Monas sebagai host MotoGP Indonesia, hingga akhirnya isu ini basi sendiri.

Dan di awal 2019 ini, penggemar MotoGP Indonesia pun diademkan dengan angin surga yang sama di lokasi berbeda. Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Bahkan Dorna mengumumkannya secara resmi lewat situs MotoGP.com di mana Mandalika bakal jadi tuan rumah MotoGP dan WSBK pada 2021 mendatang.

Optimis gelaran MotoGP Indonesia hadir? Harus, apalagi sudah ada kesepakatan resmi dari Dorna dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola Mandalika.

Tapi, secara realistis ternyata banyak hal yang masih mengganjal yang berpotensi untuk membuat MotoGP gagal berlangsung di Indonesia dua tahun lagi. Apa saja?

Sirkuit Belum Ada

Sampai saat ini wilayah Mandalika tengah dikebut pembangunannya. Tapi bukan sirkuit, melainkan resort dan lokasi wisata. Karena nantinya konsep wisata terintegrasi akan hadir di sini.

Patut diingat Sobat Zonbie, dua tahun terbilang singkat untuk membangun sebuah venue olah raga. Termasuk sirkuit. Apalagi dikabarkan layout sirkuit akan memiliki 18 tikungan dengan panjang 4,3 km.

Tentu butuh kerja cerdas untuk menuntaskannya dalam waktu singkat. Belum lagi sesi tes yang harus dilakukan untuk memastikan kondisi trek layak pakai.

Halaman Selanjutnya, Sirkuit Jalan Raya…

1 COMMENT

Comments are closed.

Latest Update