Ini Beda Makna Huruf ‘R’ Pada Suzuki GSX

Seperti Zonbie kabarkan sebelumnya mengenai kabar hadirnya Suzuki GSX-R300. Menarik, karena sebelumnya Suzuki sudah punya jagoan di segmen sport fairing, GSX-250R. Nah yang mengundang tanya, kenapa posisi huruf R keduanya berbeda?

Ternyata ada makna mendalam tentang peletakan huruf R pada Suzuki GSX. Hal ini disampaikan Zulfikar Rafi Al Ghany, Public Relations 2W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Menurutnya GSX dengan kode huruf R di depan angka, seperti GSX-R1000, GSX-R300 dan GSX-R150 merupakan motor yang dikembangkan dari dunia balap.

“Sedangkan GSX yang R nya di belakang, seperti GSX-250R dirancang untuk harian, tapi dengan aura sporty. Jadi sengaja tidak ikut ajang balap 250 cc, karena peruntukannya memang bukan buat balap,” katanya.

Yup, meski berpenampilan sporty dengan desain full fairing dan lekuk bodi beroto. Tapi Sobat Zonbie tak akan menemukan GSX-250R di kompetisi balap.

Maklum, mesinnya yang bertipe 250 cc 2-silinder SOHC over stroke yang sama dengan mesin Inazuma.

Ini artinya GSX-250R lebih cocok dipakai turing ketimbang adu kebut dengan melawan motor-motor bermesin DOHC 2-silinder over bore yang punya karakter kencang di putaran mesin tinggi seperti Kawasaki New Ninja 250, Honda CBR250RR dan Yamaha R25.

Comments
Shares