Ini Caranya Agar Kondisi Aki Tetap Baik

Accu

Accu atau Aki pada sepeda motor memiliki peranan yang sangat penting, jika aki sudah mulai tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka hal ini akan sangat menyulitkan bagi pemilik sepeda motor. Perawatan pada aki perlu dilakukan oleh pemilik kendaraan, pengecekan secara fisik dan voltase tegangan harus dilakukan secara berkala untuk menghindari adanya gangguan saat perjalanan.

Ada dua jenis aki yang ada di pasaran saat ini, yaitu aki kering dan aki basah. Dari kedua jenis tersebut, sebenarnya tetap memerlukan perawatan. Yang dimaksudkan disini adalah, perawatan aki dalam masa pemakaian serta cara memperlakukannya untuk mendapatkan usia pakai yang lebih lama atau awet. Misalkan untuk aki motor maupun mobil, jika dalam waktu yang lama mesin jarang sekali dinyalakan, ini juga dapat menyebabkan aki cepat drop karena suply pengisian kurang maksimal. Untuk menjaga agar aki lebih awet, meskipun tidak ada aktifitas berkendara, sebaiknya tetap diberikan pemanasan mesin setidaknya 2 hari sekali sekitar 15 menit.

Accu

Loading...


Menjaga kebersihannya, juga akan memberikan manfaat yang baik untuk usia pakainya. Dengan rajin membersihkan bodi serta kepala baut pada aki, akan terhindar dari penumpukan kerak yang kemungkinan juga akan dapat menyebabkan hubungan arus pendek sehingga aki mudah soak dan lekas mati.

Penggunaan aksesoris berlebihanĀ  yang memakai daya listrik pada kendaraan, sebaiknya dihindari. Hal ini bertujuan untukr mencegah adanya pemborosan penggunaan daya listrik aki dan adanya hubungan arus pendek akibat banyaknya kabel-kabel untuk aksesoris tersebut.

Selalu memeriksa kondisi sekering (fuse), sebagai pengaman kelistrikan mobil dan motor. Sekering ini sangat penting, karena akan memberikan keamanan untuk aki jika terjadi konsleting pada rangkaian elektronik mesin juga lampu lampu kendaraan. Selalu memeriksa kondisi sekering (fuse), sebagai pengaman kelistrikan mobil dan motor. Sekering ini sangat penting, karena akan memberikan keamanan untuk aki jika terjadi konsleting pada rangkaian elektronik mesin juga lampu lampu kendaraan Sobat Zonbie.

Loading...