Ini Dia! Waktu Yang Tepat Gunakan Pinlock Pada Visor Helm

Penggunaan Pinlock pada visor helm saat ini kian marak, lensa penghalau embun ini kini banyak digunakan pada helm para bikers di Indonesia. Piranti tambahan pada helm ini dipercaya dapat menjaga visor dan juga anti embun pada visor helm bagi pengendara yang sedang berkendara saat hujan atau cuaca ekstrim.

Namun, masih banyak salah kaprah tentang penggunaan Pinlock pada visor helm seperti yang diutarakan oleh Aditya Wahyu Utama pemilik 1DS Racing Gear Treatment. “Masih banyak teman-teman menggunakan Pinlock pada visor helm hanya untuk sekedar melengkapi helm saja tanpa mengetahui fungsi dan perawatannya,” ujar pria yang kerap disapa Bang Wu ini.

Menurut Bang Wu, Pinlock harusnya digunakan pada saat kondisi-kondisi tertentu saja. Yaitu pada saat riding dalam kondisi hujan, malam atau riding pada lokasi berkabut. Dalam kondisi cuaca panas, penggunaan Pinlock sebetulnya tidak diperlukan. Selain tidak ada fungsinya, penggunaan Pinlock saat riding di cuaca panas justru akan merusak Pinlock sendiri.

Pinlock Pada Visor Helm

“Pada pinlock terdapat seal yang menghalau udara antara visor helm dengan Pinlocknya. Jika digunakan pada saat kondisi cuaca panas, visor helm akan menyerap panas dan hal ini tentunya akan menyebabkan karet seal Pinlock mudah rusak,” jelas Bang Wu disela Sunmori Gabungan komunitas Pecinta Helm.

Bang Wu menyarankan kepada Sobat Zonbie pecinta dan pengguna helm, sebaiknya penggunaan Pinlock harus sesuai dengan kondisi. Alangkah lebih baik Sobat Zonbie memiliki dua visor untuk helm yang dimiliki, agar pada saat riding dengan kondisi yang membutuhkan Pinlock pada helm Sobat Zonbie tidak perlu bongkar pasang Pinlock.

Comments
Shares