Ini Sob Waktu Tepat Rawat Skutik Kamu!

Mesin skuter matic sama dengan mesin sepeda motor pada umumnya. Yang membedakannya adalah teknologi dan cara kerja transmisinya, dimana skutik mengaplikasi transmisi otomatis (CVT).

Meski mengaplikasi teknologi transmisi otomatis, skutik pun butuh perawatan ekstra. Berikut perawatan yang wajib dilakukan buat skutik kamu Sob, diantaranya dengan cara sebagai berikut:

Sebelum motor dijalankan, panaskan mesin terlebih dahulu. Biarkan mesin hidup selama 5 menit agar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak.

Loading...


Cek kondisi busi dan aki secara teratur. Peran busi dan aki sangatlah penting, karena motor matic merupakan motor full DC.

Foto: AHM

 

Kondisi V-Belt dan roller juga harus selalu dicek. V-Belt yang letaknya di samping roda, sebaiknya rutin diservis tiap 10.000 km dan diganti tiap 25.000 km.

Bersihkan ruang transmisi secara berkala tiap 4000 km, karena komponen CVT yang terdapat pada ruang transmisi sangat rentan debu dan kotoran lainnya.

Loading...


Lakukan penggantian gear oil setiap 5000 km atau sesuai dengan petunjuk penggunaan kendaraan. Gunakan pelumas atau oli ransmisi khusus matic.

Fungsi oli sebagai pelumas komponen-komponen mesin juga harus diperhatikan. Ganti oli secara berkala tiap 1.000 km, dengan menggunakan oli khusus motor matic, bukan sembarang oli.

Loading...


Pelumas khusus matic mampu mengakomodir dan bekerja secara maksimal ke seluruh permukaan komponen yang ada di dalam mesin skutik. Serta mampu mengurangi gesekan dan oksidasi yang terjadi dalam mesin.

Foto: AHM