Ini Varian Pertama Ducati Monster, Mesin 900 cc Pakai Karburator

Tipe pertama yang lahir dari pabrikan tersebut adalah Monster 900 pada tahun 1993 yang kemudian berkembang menjadi bermacam varian. Versi ini termasuk yang punya teknologi yang belum canggih. Kenapa?

Monster 900 hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen Ducati akan naked bike yang memiliki tampilan sederhana dengan mesin bertenaga dan kemudahan berkendara.

Untuk itu, Miguel Angel Galluzzi, yang juga dikenal sebagai desainer Moto Guzzi V7 Racer merancang Monster dengan menonjolkan bagian sasis dan mesinnya.

Loading...


Tak heran jika sejak awal, sasis tubular trellis yang terlihat jelas memang menjadi ciri khas seluruh keluarga Monster. Selain itu, mesin L-Twin berkatup Desmodromic juga tetap menjadi bagian dari Monster.

Khusus Monster 900, karena dirancang untuk meminimalisir ongkos pengembangan, maka beberapa komponen tetap menyomot milik saudaranya. Semisal sasis trellis dari Ducati 851 Superbike dan suspensi depan dari Ducati 750 Supersport.

Agar tampil berotot, maka desain tangki bulat dan besar, serta bodi belakang minimalis dibenamkan pada Monster 900.

Loading...


Sedangkan mesinnya mengandalakn tipe L-Twin 904 cc SOHC berkatup Desmodromic 4-valve. Tenaga mesin berpendingin udara ini diklaim mencapai 80 dk per 7.000 rpm dan torsi 76 Nm di 6.000 rpm.

Oiya, mesin tersebut masih memakai teknologi karburator Mikuni 38 mm (2 buah) sebagai pengabut bahan bakar. Sistem injeksi baru hadir pada varian Monster 900 di tahun 2000.

Loading...