Ini Waktu Yang Tepat Mengkonsumsi Buah

Selain sayuran, buah merupakan makanan yang wajib dikonsumsi setiap hari. Namun ada faktor yang menentukan waktu terbaik untuk makan buah…

Dalam memproses makanan, sistem kerja pencernaan merupakan salah satu penentu kapan kita harus makan buah dan sayur. Buah-buahan mayoritas terdiri dari gula buah yaitu fruktosa. Sejak gigitan pertama, mulut akan menghasilkan enzim yang bekerja untuk memecah karbohidrat menjadi komponen yang lebih mudah dicerna.

Selanjutnya kerja enzim pemecah karbohidrat di perut terhenti karena lingkungannya yang bersifat terlalu asam. Proses ini akan berlanjut lagi di usus halus untuk menghasilkan komponen karbohidrat yang lebih sederhana sehingga dapat diserap oleh tubuh.

Jadi kapan waktu terbaik untuk mengonsumsi sayur buah? Jawabannya adalah kapan saja. Anda mungkin biasa mengonsumsi sayur buah bersamaan dengan waktu sarapan, makan siang, ataupun makan malam. Namun disarankan untuk memberi jeda 2 hingga 3 jam setelah makan buah baru Anda bisa melakukan sarapan pagi, berolahraga atau sebelum tidur.

 

Saat sedang diet, Anda mungkin ingin mengonsumsi lebih banyak sayur dan buah. Namun jika Anda hendak berolahraga, Anda tidak disarankan untuk mengonsumsi sayur atau buah yang tinggi serat. Karena, serat lama dicerna dan bisa menimbulkan masalah pencernaan jika Anda berolahraga dengan perut yang masih terisi.

Comments
Shares