Ini Yang Wajib Dihindari Bikers Saat Berpuasa

Bagi umat muslim, puasa merupakan ibadah wajib selama bulan Ramadan. Tidak terkecuali bagi bagi para bikers yang kerap berkendara menggunakan sepeda motor. Sehingga, para penunggang “Kuda Besi” ini wajib memiliki stamina dan energi penuh saat sedang melakukan ibadah puasa, sehingga tetap sehat dan bugar ketika melakukan kegiatan riding.

Saat berpuasa, tubuh tetap memerlukan makanan sehat, sehingga tetap perlu memerhatikan pola makan yang baik pada bulan Ramadan. Sebenarnya pola makan selama bulan ini tidak terlalu berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya. Yang penting adalah tetap menjaga keseimbangan nutrisi dari asupan makanan dan cairan selama bulan puasa.

Ada beberapa makanan yang tepat dan dianjurkan untuk dikonsumsi selama puasa, antara lain buah. Sobat Zonbie dapat mengonsumsi buah kurma atau jus buah saat berbuka puasa sebagai salah satu pilihan yang sehat. Hindari makanan yang terlalu manis untuk menghindari lonjakan gula darah secara tiba-tiba. Setelah berbuka, makanlah dengan pola makan yang seimbang. Antara lain terdiri atas buah dan sayur, roti atau nasi, ikan atau daging, susu dan produk olahannya.

Sobat Zonbie harus menghindari mengonsumsi beberapa jenis makanan dengan kandungan garam yang tinggi dan kaya kandungan lemak, goreng-gorengan atau kari saat sahur maupun berbuka puasa. Hal ini akan berakibat timbulnya rasa haus saat siang hari.

Perbanyak asupan air untuk mengembalikan cairan tubuh dan menghindari dehidrasi. Hindari minuman yang tidak dianjurkan seperti minuman mengandung kafein. Sebab, minuman ini bersifat diuretik, yaitu menyebabkan tubuh mengeluarkan cairan lebih cepat melalui urine. Teh, kopi, dan minuman bersoda termasuk di antaranya.

Nah, jika Sobat Zonbie ingin tetap bugar saat berpuasa, dapat dicoba pola makanan yang telah dianjurkan diatas. Hindari mengonsumsi makanan atau minuman berlebihan selama bulan Ramadan. Jangan melewatkan makan sahur, karena makan di saat sahur akan mempersiapkan tubuh dengan energi dan gizi yang cukup hingga saat berbuka. Ketika Anda tidak sahur, maka jam puasa akan semakin lama yang dapat menyebabkan dehidrasi dan lelah di siang hari.

Sumber: AloDokter

Comments
Shares