Innova Community : 3M Yang Harus Dihindari Saat Berkendara Waktu Hujan

Innova Community
Photo : Istimewa

Untuk itu Innova Community terus berkomitmen untuk mengkampanyekan gerakan keselamatan berkendara melalui kegiatan Sekolah Kaki Kanan Innova Community

Mengemudi di kala hujan dapat sangat berbahaya karena daya pandang berkurang, daya cengkram ban berkurang dan beberapa hal lainnya yang membuat potensi terjadinya kecelakaan jadi semakin besar.

Bisa sangat sulit untuk tetap mengontrol kendaraan saat berkendara di kala hujan. Untuk itu Innova Community terus berkomitmen untuk mengkampanyekan gerakan keselamatan berkendara melalui kegiatan “Sekolah Kaki Kanan Innova Community”.

Loading...


Baca Juga:

AOC Sukabumi Gelar Deklarasi dan Rayakan HUT Pertama

Touring Charity Komunitas Agya Ayla SoliDaritas, Diikuti Lebih Dari 15 Mobil

Loading...


Di tengah kondisi pandemi seperti sekarang, kegiatan tersebut pun dilakukan secara daring. Dalam kampanye keselamatan Sekolah Kaki Kanan Innova Community ditekankan 3M yang harus dihindari saat berkendara di bawah guyuran hujan.

Sekolah Kaki Kanan Innova Community via Zoom
Sekolah Kaki Kanan Innova Community via Zoom

3M yang harus dihindari menurut Innova Community

  1. Mengabaikan kondisi ban

Ban merupakan faktor penting dalam kendaraan. Banyak sekali pengendara kurang memperhatikan dan tidak mengenali type ban yang digunakan.

Innova Community

Loading...


“Kondisi ban harus diperiksa secara rutin. Pastikan telapak ban cukup tebal dan terpompa dengan tekanan angin yang sesuai, agar ban bisa bekerja secara maksimal pada permukaan jalan yang basah, licin atau tergenang air,” Deputy Head of OE PT Bridgestone Tire Indonesia, Fisa Rizqiano dalam acara Sekolah Kaki Kanan Innova Community SKS 5.

Baca Juga :

Cek Warna Elektroda Busi, Kamu Akan Tau Kondisi Mesin Motor Mu

Loading...


Sejarah Honda PCX di Indonesia, Dimulai Dari Mesin 125 cc

Selain itu, kenali juga type ban yang digunakan, apakah ban AT, MT, HT atau ban semi slick. Karena tiap ban punya daya cengkram berbeda di jalan yang berbeda. Selain itu ban juga punya batasan kecepatan maksimun, bisa dilihat dari kode ban yang tercetak di samping ban.

Bagi  pengguna kendaraan yang kurang mengerti mengenai kondisi ban, bisa mengunjungi bengkel mobil yang sudah memiliki peralatan memadai untuk melakukan pengecekan sekaligus spooring dan balancing.

Loading...


  1.    Menyetir dengan agresif

Banyak kecelakaan disebabkan menyetir dengan agresif saat kecepatan tinggi.

“Karena saat kecepatan tinggi traksi antara ban dengan jalan yang licin bisa hilang atau berkurang, sehingga menyebabkan efek aquaplaning dan mobil bisa oversteer atau understeer tidak terkendali,” ujar Marcell kurniawan, konsultan safety driving dari Real Driving Course (RDC).

  1. Menyalakan lampu hazard

Masih banyak pengendara menyalakan lampu hazard saat berkendara dalam hujan.

Loading...


Innova Community

Padahal dengan menyalakan lampu hazard malah membahayakan pengendara lain karena gagal memahami sinyal atau isyarat mobil yang menyalakan hazard. Apakah mobil tersebut ingin belok ke kiri atau kanan.

Sebagai pengganti lampu hazard, cukup nyalakan foglamp dan lampu kecil saja.

Loading...


Terakhir, apabila kondisi jalan tidak memungkinan seperti hujan sangat lebat atau jalan banjir, ada baiknya untuk tidak memaksakan berkendara dan berhenti sejenak di tempat yang aman menunggu kondisi lebih baik.

Tentang Innova Community (IC)

IC dibentuk dan didirikan atas dasar kekeluargaan dan hobby yang sama. IC yang didirikan pada 23 Juli 2006 bertujuan untuk menyatukan seluruh pengguna Toyota Kijang Innova di Indonesia dan luar Indonesia dalam suatu Komunitas.

Saat ini IC sudah memiliki sekitar 4.800 anggota resmi, lebih dari 2.500 anggota mailing list dan lebih dari 54.000 anggota Facebook Innova Community, lebih dari 43.100 followers IG (Instagram @innovacommunity) dan lebih dari 3.000 followers di twitter @innovacommunity.

Loading...


Membernya sendiri tersebar di berbagai kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Jawa Barat, Surabaya meliputi kota-kota di Jawa Timur, Yogyakarta, Semarang, Solo termasuk kota-kota di Jawa Tengah.

Kemudian ada juga di Medan, Palembang termasuk hampir seluruh kota di Sumatra, Palangkaraya, Banjarmasin termasuk beberapa kota di Kalimantan. Makasar dan kota-kota di Sulawesi. Bali, Sorong, Papua dan Kupang.

Bahkan anggota IC sudah tersebar sampai di Malaysia, Dubai, Singapore, Amerika dan Australia. Saat ini IC sudah menjadi bagian dari Innova Asean.

Loading...


Sejak Innova Community di bentuk, kegiatan-kegiatan internal Innova Community yang rutin diadakan adalah Kopdar, Coaching Clinic / gathering antar member, Touring, Balap, Baksos (Bakti Sosial), Olah Raga (Bulu Tangkis, Sepeda dan lain-lain), Service Bareng di Bengkel Resmi Toyota dan beberapa kegiatan lain.

Untuk menjadi member Innova Community (IC), calon member harus memiliki mobil Toyota Innova. Untuk detail pendaftaran dapat mengunjungi www.innovacommunity.org.

Atau untuk mengenal lebih jauh tentang Innova Community dan member IC dapat bergabung di social media :

Loading...


Facebook: innova community

IG: @innovacommunity

Twitter : @innovacommunity

Loading...


Pengurus Inti Innova Community

Ketua Umum : Nugraha Reza  (HP : 08159095008) / Ketua Harian : Sisca  (WA / hp : 082211990912)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here