Intip Fitur dan Teknologi All New PCX 160 Versi Jepang

Fitur dan Teknologi All New PCX 160
2021 HONDA PCX125

Honda Jepang telah merilis generasi terbaru Honda PCX bermesin 160 cc. Generasi teranyar yang benar-benar baru. Apa saja fitur dan teknologi all new PCX 160 ini ?

Ubahan total pada PCX 160 membuat flagship skuter Honda ini tampil lebih elegan dan sporty. Meski terjadi perombakan besar-besaran, Honda tetap mempertahankan garis desain atau DNA PCX.

Ya, garis desain PCX masih dipertahankan Honda pada generasi teranyar ini. Namun sentuhan baru pada detil dan lekuk bodi membuat PCX 160 terlihat lebih elegan dan berotot.

Loading...


Baca Juga :

Sejarah Honda PCX di Indonesia, Dimulai Dari Mesin 125 cc

Produk Baru Honda di 2021, CBR150R Atau PCX 160 4 Katup Yang Diluncurkan Lebih Dulu?

Loading...


All New CBR150R 2021 Segera Meluncur Mirip CBR250RR, Siap Goda Pengguna R15

Hal itu tercermin dari garis-garis lekuk bodi yang lebih tajam dibanding generasi sebelumnya yang cenderung lebih rounded.

Generasi terakhir inilah yang akan jadi kandidat kuat PCX 160 yang akan diluncurkan oleh PT Astra Honda Motor pada pertengahan Januari 2021 mendatang.

Loading...


Apa saja fitur dan teknologi all new PCX 160 ?

Sebagai produk yang benar-benar baru, Honda membenamkan banyak fitur dan teknologi all new PCX 160. Mulai dari bagian panel instrumen hingga ke bagian kaki-kakinya.

Fitur dan Teknologi All New PCX 160 - Speedo Meter All New PCX 160

Dasboarad / Panel Instrumen PCX 150

Loading...


Fitur dan teknologi all new PCX 160 yang kita bahas pertama adalah sektor panel instumennya.

Panel instrumen Honda PCX 160 terlihat lebih besar dibanding generasi sebelumnya. Selain itu, segi pewarnaan dan pencahayaan pun terlihat lebih mewah dibanding generasi sebelumnya.

Beragam informasi tersaji dalam panel instrumen dengan kombinasi warna cahaya biru dan hijau tersebut. Seperti kecepatan, indikator bensin dalam tangki, indikator waktu penggantian oli, indikator HSTC (Honda Selectable Torque Control), indikator tegangan baterai, konsumsi bensin rata-rata, jam dan masih banyak informasi penting lainnya.

Loading...


Fitur dan Teknologi all new PCX 160

Mesin PXC 160

Selanjutnya kita bahas fitur dan teknologi all new PCX 160 di bagian mesin. Mesinnya benar-benar baru dengan kapasitas lebih besar. Honda menyebutnya dengan eSP+.

Loading...


Ukuran Bore x Stroke : 60,0×55,5 mm, kompresi 12:1 dan menggunakan 4 klep. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan tenaga maksimum 12 kW [15,8 hp] pada 8.500 rpm dan torsi 15 Nm pada 6,500 rpm.

Selain dari kubikasi mesinnya, penyempurnaan material bearing pada crankshaft PCX 150 yang mampu menahan gesekan lebih baik pada putaran tinggi, diklaim sebagai salah satu faktor peningkatan tenaga dan torsinya.

Honda juga menyematkan Oli Jet Piston (OJP) pada mesin PCX 160. Teknologi ini digunakan di mesin CRF450R. OJP akan membuat pendinginan komponen lebih baik dan membuat mesin bekerja lebih optimal.

Loading...


Honda juga mengaplikasikan Hydraulic Cam Chain (HCC) yang akan memberikan variasi kerja tensioner lifter yang bekerja mengendalikan ketegangan rantai keteng.

Pada bagian CVT, pulley penggerak dibuat lebih besar serta penyempurnaan pada poros transmisi.

Fitur dan Teknologi All New PCX 160

Loading...


Rangka PCX 160

Fitur dan teknologi all new PCX 160 selanjutnya beralih ke bagian rangka barunya.

Honda mendesain ulang secara keseluruhan rangka PCX generasi terbaru ini. Perubahan desain rangka ditujukan untuk mendapatkan bobot yang lebih ringan dan kestabilan berkendara di semua rentang kecepatan.

Loading...


Perubahan desain rangkanya pun memengaruhi peningkatan fungsionalitas PCX. Kapasitas ruang penyimpanan di bawah jok jadi lebih luas. Jika sebelumnya kapasitas bagasi 28 liter, berkat perubahan struktur rangka kini kapasitas bagasinya menjadi 30 liter.

Selain perluasan ruang penyimpanan di bawah jok, Honda juga menambah ukuran kompartemen pada area dek di bawah stang. Ruang penyimpanan di bawah stang ini kini berukuran 1,7 liter.

Di sisi lain, Honda juga membenamkan fitur dan teknologi all new PCX 160 pada sektor fungsionalitas.

Loading...


PCX 160 juga menyediakan power outlet dengan koneksi port USB Type C. Jadi pengendara bisa menambah daya baterai smartphone dengan kabel charger bawaan smartphonenya tanpa perlu penambahan converter to USB.

Di sektor kenyamanan berkendara, Honda tetap mempertahankan posisi berkendara yang bisa disesuaikan melalui tinggi jok dan pijakan kaki.

Pada pijakan kaki, ada penambahan ukuran lebar khususnya di area depan sehingga memungkinkan kaki pengendara bisa berselonjor lebih nyaman.

Loading...


Kaki-Kaki PCX 160

Fitur dan teknologi all new PCX 160 selanjutnya beralih ke bagian kaki-kaki barunya.

Loading...


Honda PCX 160 dibekali desain pelek aluminium baru berukuran 14 inch dengan lebar 2,75 inch pada bagian depan dan 13 inch dengan lebar 3,50 inch pada bagian belakang.

Perubahan pelek pun diikuti dengan perubahan ukuran ban. Jika sebelumnya ban PCX 150 berukuran 100 / 80-14 di bagian depan dan 120 / 70-14 di bagian belakang, pada PCX 160 ukurannya menjadi 110 / 70-14 depan dan 130 / 70-13 belakang.

Loading...


Di sektor pengereman, Honda mempersenjatai PCX 160 dengan cakram pada rem depan dan belakangnya. Selain itu Honda juga menjejalkan sektor pengereman dengan ABS.

Honda juga menjejali PCX 160 dengan HSTC (Honda Selectable Torque Control).

Tentunya PCX 160 telah menggunakan Honda Smart Key System yang bekerja untuk menyalakan dan mematikan mesin tanpa akan kunci, alarm, penguncian setang, membuka bagasi dan tutup lubang tangki bensin serta answer back system.

Loading...


Apakah Honda PCX 160 yang akan diluncurkan oleh PT AHM juga akan diperkaya fitur dan teknologi serupa dengan PCX 160 yang diluncurkan di Jepang ? Kita tunggu saja saat peluncurannya nanti.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here